Senin , 23 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Siswa Disabilitas, Sekolah Umum Kekurangan Guru Pendamping
Guru siswa disabilitas
Guru siswa disabilitas

Siswa Disabilitas, Sekolah Umum Kekurangan Guru Pendamping

Edupost.id, Bantul – Keberadaan siswa disabilitas di sekolah umum masih tetap menyisakan masalah. Keluhan yang kerap muncul yaitu minimnya jumlah guru pendamping siswa disabilitas di sekolah umum. Hal ini menyebabkan proses pendampingan siswa disabilitas menjadi kurang maksimal.

Salah satu sekolah yang memiliki siswa disabilitas adalah SMAN 1 Sewon, Bantul. Di sekolah ini, setiap tahunnya ada siswa disabilitas yang diterima. Khusus kelas XII, tercatat ada dua siswa disabilitas. Mereka dipastikan akan mengikuti Ujian Nasional pada 4 April 2016.

“Kami memiliki dua siswa disabilitas peserta UN tahun ini,” ujar Kepala SMAN 1 Sewon, Marsudiyana.

Ditambahkannya, setiap tahunnya sekolah yang berada di Jalan Parangtritis ini mengaku hanya menerima maksimal dua siswa disabilitas. Hal ini menurut Marsudiyana, karena pihaknya kekurangan guru pendamping khusus. “Jika setiap tahun ada tiga siswa disabilitas, berarti semuanya ada sembilan siswa. Guru pendamping hanya ada satu, dan hanya datang dua kali sepekan,” imbuhnya.

Terkait dua siswa calon peserta UN tahun Marsudiyana mengatakan, secara prinsip keduanya telah siap mengikuti UN. Kedua siswa yang dimaksud adalah Miftahul Choir Ilmi (XII IPS 3), dan Eva Atika Candra (XII IPS 2).

Berdasarkan laporan perkembangan kesiapan UN, dan hasil try out UN, kedua siswa tersebut memang tak memiliki masalah berarti menghadapi UN. Dinas pendidikan setempat berjanji, pada pelaksanaan UN tahun ini, siswa disabilitas akan mendapat pelayanan khusus. Untuk penderita tuna rungu, soal listening akan diganti dengan bentuk tertulis. Sedangkan untuk low vision akan mendapat soal dengan ukuran huruf yang lebih besar. Selain itu, siswa disabilitas juga berhak mendapat pendampingan khusus dari guru pendamping. (Andi)

Check Also

kucing tuntun pulang pendaki tersesat di swiss

Delapan Alasan Menarik Pelihara Kucing

Edupost.ID- Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipilih menjadi sahabat di rumah. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *