Minggu , 19 Februari 2017
Home / Berita Pendidikan / Siswa Pendidikan Kesetaraan juga akan Ikut UNBK Tahun ini
ujian nasional
Ilustrasi. Ujian Nasional (UN)

Siswa Pendidikan Kesetaraan juga akan Ikut UNBK Tahun ini

Edupost.ID – Tidak hanya untuk SMP dan SMA/SMK, di Yogyakarta pendidikan kesetaraan juga menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun ini. Dinas Pendidikan setempat tengah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaannya.

Kepala Bidang Pendidikan Nonformal dan Pendidikan Anak Usia Dini Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Dedi Budiono menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan SMA dan SMK sehingga UNBK pendidikan kesetaraan bisa dilakukan di sekolah tersebut. Nantinya, siswa kesetaraan akan menggunakan komputer yang ada di SMA/SMK.

“Kami akan memenuhi kebutuhan komputer untuk pelaksanaan ujian khususnya bagi peserta didik yang mengikuti pendidikan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM),” kata Dedi.

Dedi menegaskan, pelaksanaan UNBK untuk siswa pendidikan kesetaraan tidak akan mengganggu jadwal ujian di SMA/SMK atau kegiatan belajar mengajar karena ujian akan diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu.
Selain pendalaman materi ujian, siswa kesetaraan juga akan melakukan simulasi UNBK. Ini dilakukan untuk mengakrabkan mereka dengan sistem UNBK. Namun, Dedi optimistis seluruh siswa bisa mengerjakan ujian meskipun ada sejumlah peserta yang sudah berusia tua.

Berdasarkan data terakhir, jumlah peserta ujian nasional untuk pendidikan kesetaraan jenjang SMP dan SMA tercatat sebanyak 438 siswa. Jumlah tersebut sudah memperhitungkan siswa yang ada di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan di PKBM di wilayah. Saat ini, SKB memiliki 23 unit komputer.

“Mereka sudah terbiasa dengan komputer dan cara mengoperasikannya. Sebelum ujian, juga akan dilakukan simulasi ujian dengan komputer,” katanya.

Dedi juga menjelaskan jika saat ini SKB sudah berubah status menjadi satuan pendidikan sehingga memiliki tugas yang sama dengan sekolah formal. Oleh karena itu, lanjut dia, standar sumber daya manusia di SKB juga disamakan dengan sekolah negeri. (Andi)

Check Also

Ujian tertulis

UNBK Numpang Di Sekolah Lain, Dikhawatirkan Ganggu Psikologis Siswa

Edupost.ID – Kebijakan pemerintah untuk meningkatkan prosentase sekolah penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) memang …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *