Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Siswa SMA Yogyakarta Terima Jaminan Pendidikan Rp 4,5 juta
Kartu Indonesia Pintar
Kartu Indonesia Pintar (foto: rri)

Siswa SMA Yogyakarta Terima Jaminan Pendidikan Rp 4,5 juta

Edupost.id – Meskipun kewenangan pengelolaan SMA/SMK sudah beralih ke tangan Pemerintah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Pemerintah Kota Yogyakarta tetap mencairkan Jaminan Pendidikan Daerah (JPD) untuk siswa SMA/SMK pemegang kartu menuju sejahtera (KMS).

Tahun 2017, besaran dana JPD untuk siswa SMA/SMK sebesar Rp 4,5 juta per siswa per tahun. Jumlah ini mengalami kenaikan sekitar 50 persen dibanding besaran yang diberikan tahun sebelumnya yang hanya sebesar sebesar Rp 3 juta per siswa per tahun.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana memastikan pihaknya telah mengantongi izin gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam pemberian JPD untuk siswa SMA/SMK tersebut.

“Proses pencairan sudah dilakukan dan sampai sekarang berjalan lancar meskipun pencairan dilakukan bertahap sesuai kesiapan sekolah dan ditargetkan selesai pada akhir Desember,” kata Hery.

Bantuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan siswa termasuk membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Pada anggaran 2017, Disdik Kota Yogyakarta menganggarkan dana sekitar Rp 33 miliar untuk JPD. Jaminan tersebut tidak hanya bisa dinikmati siswa SMA/SMK tetapi juga untuk mahasiswa dan pelajar di jenjang pendidikan lainnya. (Andi)

Check Also

Habiatul, Tukang Cuci Bus yang Semangat Sekolah

Habiatul, Tukang Cuci Bus yang Semangat Sekolah

Edupost.id – Meski hanya bekerja sebagai tukang cuci bus dan juru parkir di terminal Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *