Senin , 26 Juni 2017
Home / Berita Pendidikan / Siswa SMK Ciptakan Batako dari Styrofoam
Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Buat Batako dari Styrofoam
Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Buat Batako dari Styrofoam

Siswa SMK Ciptakan Batako dari Styrofoam

Edupost.id – Di tangan siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, styrofoam termyata bisa disulap menjadi batako yang bernilai jual lebih tinggi. Uniknya, batako berbahan styrofoam ini biasa mengurangi dampak kerusakan akibat gempa. Karya ini menjadi salah satu karya yang dipamerkan dalam acara Pameran Klinik Sains SMK se DIY di Gedung Kotak Taman Pintar Yogyakarta Kamis – Jumat (15 – 16/9).

“Idenya dari gempa Bantul tahun 2006. Kan banyak rumah yang roboh akibat gempa. Jadi kami ingin membuat batako yang lebih dapat mengurangi dampak gempa,” terang Kevin Adi Prasetyo pencipta batako styrofoam ini kepada Edupost.id  di stand pamerannya Jumat (16/9).

Daya ikat styrofoam yang sangat kuat menurut Kevin membuat batako buatannya ini jauh lebih kuat dibanding batako yang sudah beredar di pasaran. Jika batako ini digunakan untuk membangun rumah, bangunan rumah akan tidak mudah roboh meski diguncang gempa.

Dijelaskan, untuk membuat batako ini, siswa kelas XI Teknik Instalaai Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) ini mencampurkan styrofoam yang telah dihancurkan dengan pasir dan semen. Perbandingan semen, pasir, dan styrofoam yang dicampurkan adalah 1 : 2 : 3. Sebelumnya, styrofoam dihancurkan hingga menjadi seebuk dengan alat penggiling kelapa. Tiga bahan itu dicampur dengan air secukupnya sebelum dicetak menjadi bentuk seperti batako pada umumnya.

Batako yang sudah dicetak kemudian dikeringkan di bawah sinar matahati. Lama pengweringan antara satu hingga dua minggu tergantung kondisi panas matahari. Setelah benar – bena kering, batako siap untuk digunakan untuk membuat bangunan.

“Kami pernah membuktikan, sudah ada rumah yang dibangun dengan batako ini di Kulon Progo. Hasilnya memang bagus, lebih kuat,” ujarnya.

Selain bisa menguatkan bangunan, batako ini juga bisa meredam suara. Penerapannya, batako ini dapat digunakan untuk membuat bangunan yang sengaja didesain untuk meredam suara agar suara yang ada di dalam bangunan tidak terdengar dari luar. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *