Jumat , 28 Juli 2017
Home / Berita Pendidikan / Siswa Tak Perhatikan Pelajaran, Guru Harus Kreatif
Siswa-Tak-Perhatikan-Pelajaran-Guru-Harus-Kreatif
Ilustrasi: Siswa Tidak Memperhatikan Pelajaran. (Foto: Steelcase)

Siswa Tak Perhatikan Pelajaran, Guru Harus Kreatif

Edupost.id, Bantul – Belum lama ini muncul kembali kasus guru dipenjara karena mencubit siswanya. Padahal siswa tidak memperhatikan pelajaran bisa jadi karena bosan. Karena itu, para guru harus kreatif dalam menyajikan pembelajaran agar terlihat menarik. Bukan malah menanggapi siswa dengan kekerasan seperti mencubit atau memarahinya.

“Kebosanan siswa dan kreativitas guru bagi saya merupakan dua hal yang saling terkait,” ujar Sabjan Badio, Wakil Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Bantul.

Dikatakan Sabjan, kemampuan siswa dalam berkonsentrasi terbatas, sedangkan jumlah materi dan waktu belajar di sekolah cukup lama. Oleh karena itu, guru harus kreatif dalam mendesain pembelajarannya, termasuk menyertakan berbagai media agar konsentrasi siswa dapat terjaga.

Guru, kata Sabjan, juga harus kreatif dan melakukan inovasi untuk memaksimalkan pelibatan berbagai indera siswa. “Kita tahu bahwa dengan hanya melihat, hanya mendengar, daya serap siswa sangat terbatas,” imbuhnya.

Inovasi yang dapat dilakukan guru, misalnya mengembangkan media pembelajaran.  Menciptakan multimedia pembelajaran interaktif menurut Sabjan akan lebih baik. Dengan demikian, siswa tidak hanya melihat dan mendengar, tetapi juga langsung terlibat dalam sebuah interaksi.

Baca Juga: Empat Kisah Guru Dipenjara karena Kasus Sepele

Ditambahkan Sabjan, siswa dan guru belajar di zaman berbeda. Guru tidak dapat memperlakukan siswa seperti dirinya dulu. Siswa sekarang dapat disebut sebagai generasi Y dan Z yang berasimilasi dengan gadget. Oleh karena itu, menyertakan gadget dalam aktivitas belajar-mengajar, perlu dilakukan.

Sabjan sangat yakin, guru mampu menciptakan suasana kreatif dalam mendidik siswa. Kuncinya ada pada kemauan. Hanya saja, perlu kesamaan persepsi bahwa kreativitas dan inovasi ini tidak selalu berhubungan dengan teknologi terbaru. “Hal-hal di sekitar kita bahkan yang tradisional bisa dikemas secara kreatif dan inovatif, jika guru mau,” pungkasnya. (Andi)

Check Also

siswa praktik mengajar di kelas

Melatih Siswa dalam Kelas Profesi “Pendidikan”

Edupost.id – Kadangkala guru juga perlu memberi kesempatan siswa untuk berlatih mengajar di kelas. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *