Jumat , 20 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Siswa Wajib Kembangkan Potensi Diri dengan Ekskul
Siswa-Wajib-Kembangkan-Potensi-Diri-dengan-Ekskul
Nugroho dan Haris dalam Acara Stadium General di SMAN 2 Yogyakarta. (Foto: andi)

Siswa Wajib Kembangkan Potensi Diri dengan Ekskul

Edupost.id – Masa SMA adalah masa penting dalam perjalanan hidup seseorang. Masa ini merupakan sebuah langkah awal bagi seseorang remaja untuk mencapai cita – cita yang diimpikan. Sebagai siswa, mereka wajib mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya dengan mengikuti ekstrakulikuler atau ekskul.

“Setiap siswa harus dapat mengembangkan potensi diri di luar kurikulum sekolah. Ini bisa dilakukan melalui kegiatan ekstra kulikuler,” tutur peneliti UGM, Nugroho dalam acara Studium General di SMAN 2 Yogyakarta, Kamis (21/7).

Pendapat senada diberikan Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Abdul Haris Semendawai. Siswa membutuhkan kegiatan yang baik untuk mencapai keberhasilan di masa yang akan datang.

“SMA adalah langkah awal mencapai cita-cita, sedangkan kuliah adalah masa implementasi untuk mewujudkan cita-cita itu,” ujar Haris dalam pemaparannya. Masa SMA, menurut Haris adalah masa penting yang tidak boleh disia – siakan. Diakuinya, keberhasilannnya menjadi pejabat negara juga sangat dipengaruhi proses belajar di SMA 2 Yogyakarta.

“Saya bersyukur diterima di SMA 2 karena dengan diterimanya di SMA 2 saya dapat jalani hidup seperti sekarang” ujarnya.

Sekolah di manapun bagi Haris bukanlah persoalan. Yang lebih penting adalah dapat menyukurinya, selanjutnya berusaha mengembangkan potensi masing – masing. Keduanya dihadirkan sebagai alumni SMAN 2 Yogyakarta yang telah meraih sukses dalam karirnya. Mereka berharap, seluruh siswa SMAN 2 Yogyakarta mampu mengembangkan potensi masing – masing selama menjadi siswa. Cita – cita tinggi harus mulai dibangun sejak saat ini.

Sementara itu, Waka Humas sekolah setempat, Yulianto, menuturkan, acara Studium General menjadi agenda rutin tahunan di sekolahnya. Acara ini diikuti oleh seluruh siswa di sekolahnya. Para alumni yang telah sukses meniti karir selalu dihadirkan untuk memompa semangat siswanya. Yuli juga menyebut, Mendikbud Anies Baswedan juga menjadi salah satu alumni yang pernah dihadirkan juga. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *