Selasa , 30 Mei 2017
Home / Berita Pendidikan / Siswa Yogyakarta Dilarang Bermain Pokemon Go di Sekolah
Pokémon-GO-Game-Terlaris-di-Kalangan-Anak-hingga-Dewasa
Game Pokémon-GO. (Foto: polygon)

Siswa Yogyakarta Dilarang Bermain Pokemon Go di Sekolah

Edupost.id, Yogyakarta – Game Pokemon Go akhir-akhir ini mulai banyak diminati pecinta game dan masyarakat berbagai kalangan. Bukan hal yang tidak mungkin jika game yang belum lama ini diluncurkan itu akan digandrungi kalangan pelajar. Terkait ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta melarang siswa bermain Pokemon Go di sekolah.

Kepala Disdik Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana mengatakan, kebijakan pelarangan bermain Pokemon Go itu dilakukan agar siswa di Kota Yogyakarta lebih fokus menimba ilmu di sekolah. Menurutnya, bermain game di sekolah jelas dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa.

Untuk siswa SD dan SMP, dinas terkait sudah dengan tegas melarang siswa membawa telepon genggam ke sekolah. Untuk siswa SMA juga diberlakukan kebijakan yang tak jauh berbeda.

“Untuk siswa SMA diperbolehkan membawa telepon genggam. Tetapi saat di sekolah, aplikasi game harus tidak ada dan koneksi internet harus dimatikan,” kata Edy.

Untuk menindaklanjuti kebijakan ini, Disdik Kota Yogyakarta saat ini telah mengimbau kepada para kepala sekolah untuk mengendalikan siswa agar tak terpengaruh game Pokemon Go. Himbauan itu disampaikannya melalui rapat dan group whatsapp kepala sekolah. “Sejauh ini masih sebatas himbauan melalui rapat dan group whatsapp, pelarangan melaui surat edaran masih dalam kajian. Nanti akan kami kirim ke kepala sekolah,” ujarnya.

Tidak hanya sekolah, orang tua juga memiliki tanggung jawab besar mengawasi anaknya agar tak bermain Pokemon Go secara berlebihan. Dia pun berharap, orangtua siswa turut memantau anaknya di rumah, terlebih anak memiliki waktu luang yang banyak ketika di ruma. Waktu luang ini tentunya berpitensi disalahgunakan untuk bermain game. (Andi)

Check Also

Pokemon Go Antarkan Ado Juarai Mahasiswa Berprestasi IPB

Pokemon Go Antarkan Ado Juarai Mahasiswa Berprestasi IPB

Edupost.id – Inovasi Pokemon Go ala Muhammad Murtadha Ramadhan telah mengantarkan mahasiswa Institut Pertanian Bogor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *