Rabu , 23 Agustus 2017
Home / Berita Pendidikan / SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan
Guru garis Depan
Guru garis Depan (Setkab dok.)

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru Garis Depan, terhitung mulai 1 Agustus 2017. Penetapan ini tergolong ke dalam proses tahap I dari total kelulusan 6.296 GGD tahun 2016. Selanjutnya, 3.490 SK dan NIP CPNS akan diproses pada tahap II.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata menjelaskan, Kemendikbud menyiapkan program dengan menempatkan guru yang bertugas di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) melalui Program Guru Garis Depan (GGD).

“Program GGD adalah untuk pemenuhan kebutuhan guru di daerah terpencil, terluar dan terdepan yang mengalami kekurangan guru sehingga dapat memberikan layanan pendidikan secara optimal bagi para peserta didiknya,” ucap Pranata.

Ia menyebutkan, semua formasi CPNS yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) dan BKN dilakukan berdasarkan perhitungan kebutuhan. “Jadi GGD, tenaga kesehatan PPT, dan penyuluh pertanian juga ditentukan dari perhitungan kebutuhan yang harus dihitung secara cermat, karena pemerintah sebenarnya masih menginginkan moratorium CPNS,” ungkapnya.

GGD merupakan kebijakan afirmasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui penempatan guru pegawai negeri sipil (PNS) di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T), berdasarkan data dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta usulan daerah. Guru yang ditugaskan sebagai GGD adalah guru profesional yang telah memiliki sertifikat pendidik sebagaimana yang dipersyaratkan dalam undang-undang serta telah melalui sejumlah proses penguatan kepribadian dan jiwa nasionalisme pada saat mengajar di daerah 3T. (Kemendikbud/ IK-SS)

Check Also

Guru Garis Depan

Pelamar CPNS Guru Garis Depan Tak Capai Target

Edupost.id – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Guru Garis Depan (GGD) telah dibuka hingga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *