Rabu , 14 November 2018
Home / Berita Pendidikan / Skema PPDB yang Baru Ditargetkan Selesai Desember 2018
Orangtua-Wajib-Lapor-Pungli-Sekolah-ke-Kemdikbud
Ilustrasi: Penerimaan Peserta Didik Baru / PPDB (Foto: pemkot bogor)

Skema PPDB yang Baru Ditargetkan Selesai Desember 2018

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kini tengah menggodok pedoman skema penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang akan diterapkan tahun depan. Pedoman tersebut ditargetkan selesai pada Desember 2018.

“Belum, paling lambat akhir desember (selesai),” ungkap Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Hamid Muhammad seperti dilansir Antara.

Hamid menerangkan, sistem zonasi telah diimplementasikan secara bertahap sejak tahun 2016 yang diawali dengan penggunaan zonasi untuk penyelenggaraan ujian nasional. Berlanjut tahun 2017 sistem zonasi untuk pertama kalinya diterapkan dalam PPDB, dan saat ini Kemendikbud akan terus menyempurnakan aturan zonasi tersebut.

Harapannya pemanfaatan zonasi dapat diperluas untuk pemenuhan sarana. Kemudian, lanjut Hamid, zonasi dapat dimanfaatkan untuk redistribusi dan pembinaan guru serta pembinaan kesiswaan.

Sebelumnya, Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan pedoman skema PPDB yang baru akan mengatur sistem PPDB hingga sistem mutasi yang berdasar pada zonasi. Menurutnya, pedoman tersebut akan mengalami banyak perubahan dari aturan PPDB yang sebelumnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=