Jumat , 28 Juli 2017
Home / Berita Pendidikan / Slogan Tamansiswa Ki Hajar Dewantara, Guru Adalah Panggilan Jiwa

Slogan Tamansiswa Ki Hajar Dewantara, Guru Adalah Panggilan Jiwa

Edupost.ID, Yogyakarta – Ibu Pawiyatan Tamansiswa merupakan yayasan sekolah yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara. Awal mulanya hanya berupa pendopo, namun kini telah berkembang menjadi sekolah yang mempunyai cabang di seluruh Indonesia.

“Sebenarnya kalau betul-betul sifatnya amanah, guru tidak mencari,” ujar Budi Sudarmanto, Komite SMP Taman Dewasa Yogyakarta, sekolah yang didirikan Ki Hajar Dewantara.

Budi menjelaskan, karena guru adalah sebuah amanah maka seharusnya tidak digaji pun tidak masalah. Di Ibu Pawiyatan Tamansiswa terdapat slogan, ‘Hidup-hidupilah Pendidikan’, tapi jika ingin tambahan carilah di luar. Hal ini selain karena gaji yang sedikit juga karena profesi ini merupakan panggilan jiwa.

Walau demikian, tetap ini menjadi catatan bagi negara, guru swasta juga butuh kesetaraan agar kesejahteraannya tetap terjamin. Dengan demikian, waktunya tidak habis untuk mencari tambahan penghasilan di luar. “Inginnya ada sertifikasi, insentif, ketiga insesment,” demikian harapan Budi.

Kemudian, Budi menyoroti, guru bukan sekadar pengajar, melainkan guru adalah pendidik. Ia menyebutkan, pengajar tidak punya tanggung jawab moral, hanya menyampaikan materi. Sedangkan pendidik punya tanggung jawab moral, yakni membuat anak yang tidak mampu menjadi mampu. Bahasa Jawanya, ‘ngemong’ atau ‘nggula wentah’.

“Saya melihat sekarang hanya ada beberapa yang benar-benar merasa terpanggil untuk mendidik,” terang Budi.

Di Ibu Pawiyatan Tamansiswa terdapat semua tingkatan sekolah. Taman kanak-kanak (TK) disebut Taman Indria, sekolah dasar (SD) adalah Taman Muda, dan sekolah menengah pertama (SMP) merupakan Taman Dewasa. Sedangkan,  sekolah menengah atas (SMA) yakni Taman Madya, sekolah menengah kejuruan (SMK) disebut Taman Karya Madya, dan perguruan tinggi adalah Sarjana Wiyata.

(Nurfi)

Check Also

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Edupost.id – Nama Wyncent Halim, mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UGM berhasil dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *