Rabu , 29 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / SMA/SMK Negeri di DIY Resmi Dikelola Provinsi
siswa-SMA
Ilustrasi. Siswa SMA

SMA/SMK Negeri di DIY Resmi Dikelola Provinsi

Edupost.id – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta telah resmi mengelola 119 SMA/SMK di DIY sejak 1 Oktober 2016. Dengan kebijakan ini, Pemerintah Kabupaten /Kota hanya akan mendapat tanggung jawab mengelola PAUD, SD, dan SMP Negeri.

“Kabupaten/ kota hanya akan mengurus pendidikan PAUD dan pendidikan dasar saja. Kami di tingkat provinsi mengurus pen-didikan menengah dan pendidikan luar biasa,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kadarmanta Baskara Aji.

Dijelaskannya, alih kelola ini telah resmi dilakukan sejak ditandatanganinya

berita acara serah terima Personal Pembiayaan Dokumen (P2D) pengelolaan SMA/SMK pada 27 September 2016 lalu. Meski sudah resmi dikelola provinsi, tetapi menurut Aji, saat ini secara teknis penganggaran masih menggunakan anggaran tahun 2016. Hingga Desember 2016, seluruh pembiayaan SMA/SMK itu masih menjadi beban anggaran Kabupaten/Kota.

Pengelolaan yang terkait biaya, baru akan beralih ke Pemda DIY terhitung sejak 1 Januari 2017. nantinya, DIY akan menanggung pembayaran gaji guru PNS yang berjumlah 6.000 orang, PNS non-guru seperti pengelola pendidikan menengah di tiap dinas, tata usaha (TU) dan pengawas yang berjumlah sekitar 890-an orang dan guru honorer yang diangkat oleh bupati/wali kota sekitar 225 orang.

Ditambahkan, GTT/PTT yang diangkat dan digaji oleh sekolah tidak termasuk dalam skema alih kelola. Untuk itu, mereka akan tetap dikelola dan digaji oleh masing-masing sekolah. Jumlah GTT/PTT di DIY sendiri kini berkisar 4.000-an orang.

Untuk mempermudah komunikasi antara SMA/SMK di masih – masing kabupaten/kota dengan Disdikpora DIY, Aji mengatakan akan membuka Balai Pendidikan Menengah di masing – masing daerah.

“Balai inilah yang selanjutnya akan bekerja menjadi perantara SMA/SMK di tiap kabupaten dengan kantor Disdikpora DIY. Jadi tidak akan ada kendala pengurusan segala sesuatunya hanya karena jarak,” kata Aji. (Andi)

Check Also

pelajar sma

LKS SMK di DIY digelar di Beberapa Tempat Berbeda

Edupost.ID – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta tahun ini kembali menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *