Senin , 5 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / SMKI Yogyakarta Akan Buka Pendidikan Empat Tahun
HUT SMKI, Lomba Seni SMP hingga Orasi Budaya
HUT SMKI, Lomba Seni SMP hingga Orasi Budaya (foto: SMKI Yogyakarta)

SMKI Yogyakarta Akan Buka Pendidikan Empat Tahun

Edupost.ID – SMKN 1 Kasihan Bantul atau yang dikenal dengan SMKI Yogyakarta mulai tahun ajaran 2017/2018 akan mulai membuka program pendidikan dan pembelajaran empat tahun untuk tiga program keahlian. Tiga program keahlian yang dimaksud adalah tari, karawitan dan pedalangan. Ini menjadi salah satu langkah strategis yang akan diambil bersamaan perayaan ulang tahun ke 55 sekolah ini.

“Target tahun depan sudah mulai masa pendidikan empat tahun untuk tiga program keahlian, tari, karawitan dan pedalangan. Sementara untuk teater tetap 3 tahun,” jelas Kepala SMKN 1 Kasihan Drs Sunardi MPd dijumpai Edupost.ID di ruang kerjanya, Rabu (9/11).

Menurut Sunardi, waktu tiga tahun untuk mempelajari tari, karawitan maupun pedalangan memang sangat kurang. Jika dipaksakan hanya dalam waktu tiga tahun, kompetensi lulusan menjadi tidak maksimal.

Nantinya, siswa akan mendapat pendalaman praktik langsung dari para seniman yang telah memiliki pengalaman luas di lapangan. Para tenaga pengajar dari kalangan seniman diakui Sunardi sudah sangat siap dan menyatakan dukungan sepenuhnya.

Pada tahun ke tiga, para siswa akan mengikuti Ujian Nasional (UN). Di tahun keempat mereka fokus meningkatkan kompetensi keahlian didampingi pengajar yang berpengalaman di dunia seni sesuai bidang masing – masing.

Kedepan, menurut Sunardi, lulusan program empat tahun akan mendapat sertifikat kompetensi yang setara dengan program Diploma 1. Harapannya, ketika mereka melanjutkan pendidikan di Institut Seni Indonesia (ISI) akan lebih mudah.

“Kalau melanjutkan ke ISI, mereka sudah dianggap menyelesaikan 24 SKS. Lulusan SMKI dan lulusan SMA yang masuk ISI kan memang harus beda,” tambah Sunardi. (Andi)

Check Also

Pendidikan Berkembang, Sleman Raih Penghargaan dari Presiden

Pendidikan Berkembang, Sleman Raih Penghargaan dari Presiden

Edupost.ID – Kondisi pendidikan di Kabupaten Sleman Derah Istimewa Yogyakarta telah mengalami perkembangan yang besar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *