Sabtu , 27 Mei 2017
Home / Berita Pendidikan / SMP di Bogor Bantah Ada Kebocoran Soal UN

SMP di Bogor Bantah Ada Kebocoran Soal UN

Edupost.id, Bogor – Maraknya kebocoran dan jual beli soal saat Ujian Nasional (UN) 2016 untuk siswa SMA beberapa waktu lalu, rupanya tidak terjadi pada UN SMP terutama di sekolah Bogor. Hingga memasuki hari ketiga UN SMP, sejumlah SMP di Bogor mengaku tidak menemukan adanya kebocoran soal UN atau praktek jual beli kunci jawaban. Hal itu seperti pengakuan yang disampaikan pihak SMPN 12 Bogor dan SMPN 5 Bogor.

“Saya tidak percaya ada kebocoran soal UN. Kenapa, karena soal itu kami ambil di rayon pagi-pagi di sub rayon saat hari H. Lalu di rayon juga yang menjaga pak polisi. Sehingga tidak mungkin ada soal yang bocor,” ujar Kepala Sekolah SMPN 12 Bogor, Suhendar kepada Edupost.id.

Suhendar mengungkapkan bahwa adanya kebocoran soal baik tahun 2016 dan 2015 merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Kemungkinan soal bocor terjadi jika soal disimpan semalaman di sekolah. Sehingga bisa saja ada oknum yang berniat untuk jahat dengan soal UN.

“Kalau soal bocor di internet tahun lalu, ah saya juga bisa bikin. Itu hanya orang yang melemparkan bola api. Saya ga percaya terhadap kebocoran seperti itu,” tegasnya.

Pengakuan kebocoran soal UN juga disampaikan pihak SMPN 5 Bogor. Wakasek Bagian Kurikulum, Ai Rupini juga membantah adanya praktek jual beli kunci jawaban diantara siswa. Siswanya sendiri sebelum ujian sudah diarahkan untuk tidak percaja jika ada yang membagikan kunci jawaban baik sebelum dan saat ujian berlangsung.

“Jadi sebelum ujian kami mengumpulkan semua siswa. Kami memberikan arahan bahwa tidak ada yang boleh percaya dengan hal itu (kunci jawaban),” tuturnya. (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *