Sabtu , 23 September 2017
Home / Berita Pendidikan / SMP Stella Duce 1 Gunakan Batik Karya Siswa sebagai Seragam
SMP Stella Duce 1 Yogjakarta
SMP Stella Duce 1 Yogjakarta (foto: telladuce1)

SMP Stella Duce 1 Gunakan Batik Karya Siswa sebagai Seragam

Edupost.ID – Batik menjadi warisan budaya yang harus dilestarikan. Semangat itulah yang mendorong SMP Stella Duce 1 Yogyakarta membuat kebijakan menggunakan batik karya siswa sebagai seragam sekolah. Batik karya siswa sekolah ini ditampilkan dalam ajang Jogja International Batik Biennaly (JIBB) 2016 di Jogja Expo Center, 12 – 16 Oktober.

Setiap siswa diajak untuk mencintai batik sebagai warisan budaya. Bentuk kecintaan ini, setiap siswa diajak membuat karya batik dengan kreasi masing – masing. Menariknya, batik karya setiap siswa ini dijadikan seragam sekolah para siswa.

“Kain yang dihasilkan siswa selanjutnya dijahit menjadi seragam yang mereka pakai setiap hari Jumat,”ujar Theresia Dharmayanti, guru Membatik sekolah setempat.

Tradisi membatik di sekolah ini telah dimulai sejak tahun 1985 dan terus dilestarikan hingga kini. Kebijakan ini telah menjadi bagian pendidikan karakter siswa  di sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Tarakanita Yogyakarta itu.

Menurut Dhamayanti, seluruh siswanya mendapat pembelajaran membatik secara rutin dan terprogram. Dalam seminggu setiap siswa mendapat dua jam pelajaran membatik. Targetnya, masing – masing siswa akan mampu membuat enam karya batik selama bersekolah di sekolah itu. Mereka biasanya menyelesaikan setiap helai kain batik berukuran 1,5 hingga 2 meter dalam waktu sekitar 2 bulan.

Kebijakan menggunakan batik karya siswa sebagai seragam sekolah telah mendapat penghargaan dari Museum Rekor dunia Indonesia (MURI) memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai sekolah pelopor pengguna batik karya sendiri.

“Kami harus mempertahankan ini karena kami sebagai pelopor,” ujar Dharmayanti. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *