Jumat , 22 September 2017
Home / Berita Pendidikan / Soal Tidak Muncul, Banyak Siswa SMK Tak Bisa Kerjakan UNBK
siswa memakai komputer dalam pembelajaran
Siswa memakai komputer dalam pembelajaran

Soal Tidak Muncul, Banyak Siswa SMK Tak Bisa Kerjakan UNBK

Edupost.id – Sejumlah siswa dari berbagai daerah di Indonesia mengeluhkan persoalan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Salah satunya, tidak munculnya soal dalam mata uji kejuruan. Sehingga sesuai POS dan Juklak Puspendik, ujian terpaksa dihentikan dan para siswa akan mengikuti ujian susulan pada 17-18 April 2017 mendatang.

Posko pengaduan UNBK Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menerima sejumlah laporan terkait kasus ini dari Mataram, Bima, Jambi, Kota Medan, Garut, dan Tasikmalaya.

“Kemungkinan persoalan tidak munculnya soal mata uji kejuruan disebabkan oleh jaringan internet yang tidak sama, spesifikasi komputer yang berbeda, dan jenis mapel tertentu yang disusun oleh direktorat terkait (ada yg gambar, grafik, tulisan saja) sangat memungkinkan tampilan yang tidak sama, pengalaman waktu UKG (Uji Kompetensi Guru) juga begitu,” terang Sekjend FSGI, Retno Listyarti.

Di Garut, Tasikmalaya, Mataram, dan Bima, banyak soal uji kejuruan yang tidak muncul, bahkan lebih dari 10 soal. Soal mata uji untuk kejuruan yang tidak muncul soalnya tersebut, yaitu Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP), Perbankan, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Audio Visual (TAV) dan Penanganan Kesehatan ternak. Bahkan soal ATP dan Kesehatan Ternak sama sekali tidak muncul soalnya di Bima dan Mataram.

“Untuk soal keahlian yang lain soal tidak muncul variatif nomornya, misalnya SMK Yusuf Abdussatar (NTB) jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) banyak soal yg tidak muncul lebih dari 20 soal. Di Mataram soal TAV (Teknik Audio Visual) mengalami soal kosong tapi bervariatif tiap nomer soalnya,” terangnya.

Retno juga menyebut, di SMKN 1 Taliwang (NTB) siswa RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) 20 soal tidak muncul di satu ruang, tetapi di ruang lain muncul semuanya. Di SMK Plampang (NTB) RPL kosong sampai 15 soal. Semua siswa Jurusan perbankan SMKN1 Dompu (NTB) tidak menerima soal di atas 20 nomor.

Kasus yang lebih parah terjadi di SMKPPN Bima. Di sekolah ini, mata uji Penanganan Kesehatan Ternak (PTK) tidak ada soal yang muncul. Seluruh soal mata uji Agribisnis Taman Perkebunan (ATP) di SMKN Pringgasela juga tidak ada yang muncul. “Hal yang sama juga terjadi di Tasikmalaya,” pungkasnya. (Andi)

Check Also

siswa memakai komputer dalam pembelajaran

Tujuh Kekacauan Pelaksanaan UNBK SMK Tahun Ini

Edupost.id – Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) untuk siswa SMK yang berlangsung 4-6 April diwarnai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *