Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Soal Ujian Terlalu Sulit, Nilai UN SMP 2016 Turun
Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun
Siswa SMP

Soal Ujian Terlalu Sulit, Nilai UN SMP 2016 Turun

Edupost.id – Nilai Ujian Nasional SMP 2016 mengalami penurunan sebanyak tiga poin. Penurunan terjadi salah satunya disebabkan karena soal ujian yang terlalu sulit. Penurunan yang signifikan terjadi pada bidang studi Matematika.

“Kalau penurunan itu nasional jadi tidak hanya di Bogor saja, tetapi di kota lain juga. Penurunan terjadi pada bidang studi matematika. Berdasarkan pengungkapan dari guru yang melihat soalnya, soal ujian tahun ini cukup sulit dari tahun sebelumnya,” ujar humas SMPN 1 Bogor, Asep Saepudin kepada Edupost.id, (14/6).

Asep mengungkapkan soal ujian dibuat pemerintah tahun ini banyak mengalami perubahan. Seperti banyak soal berbentuk cerita dan juga siswa dan sekolah sudah terbiasa dengan pola soal yang lama. Soal tahun ini lebih mengarah pada soal untuk olimpiade.

“Kisi-kisi sudah kami berikan, tapi kami tidak dapat memprediksi dengan soal apasaja yang akan muncul. Ternyata yang muncul itu soal-soal seperti Higher Order Thinking Skill (HOTS),” tegasnya.

Baca Juga: Soal Ujian Sulit Sebabkan Nilai UN SMA 2016 Turun

Berdasarkan data Kemendikbud, pada tahun 2015 nilai rata-rata siswa SMP sebesar 62,18 persen, sedangkan pada tahun 2016 nilai rata-rata UN SMP senilai 58,57 persen atau turun 3,6 poin dari tahun lalu. Tahun ini UN diikuti oleh 4,3 juta siswa di 60 ribu SMP sederajat. Ada 4,2 juta siswa yang mengikuti UN berbasis kertas dan pensil dan 156 ribu siswa yang menggunakan UN berbasis komputer (UNBK). (Nisa)

Check Also

siswa memakai komputer dalam pembelajaran

41 SMP di Sleman Siap UNBK Mandiri, Sekolah Lain Menumpang

Edupost.id – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Arif Haryono menyebut, sebanyak 41 SMP di Sleman …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *