Kamis , 30 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / Soal UN Bocor di Group Line, Kembali Terungkap
ujian nasional
Ilustrasi. Ujian Nasional (UN)

Soal UN Bocor di Group Line, Kembali Terungkap

Edupost.id, Yogyakarta – Setelah menerima laporan beredarnya foto soal ujian nasional (UN) untuk mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia pada Kamis lalu (7/4). Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini kembali menerima laporan tentang kecurangan Ujian Nasional (UN). Seorang pelajar SMAN Kota Yogyakarta, Senin pagi (11/4) melaporkan adanya puluhan foto soal UN Paper Based Test (PBT) beredar di grup Line.

Demikian yang diungkapkan Asisten Ombudsman, Rifki Taufiqurrahman. Dijelaskannya, puluhan soal yang dilaporkan merupakan soal UN berbasis kertas. Terdiri dari sekitar 31 foto soal disertai dengan pembahasan dan jawaban. Soal yang beredar berasal dari beberapa mata pelajaran, yakni tujuh foto soal kimia, sembilan foto soal biologi, satu foto soal matematika beserta pembahasan hingga jawaban, 13 foto soal matematika, satu foto soal fisika.

Berdasarkan keterangan pelapor, tambah Rifki, foto soal Kimia UN berbasis kertas diperoleh pelapor sehari sebelum jadwal ia mengerjakan soal Kimia, setelah selesai mengerjakan UNBK Kimia. Pelapor juga melihat soal yang ia kerjakan sama dengan yang sudah tertera pada foto.

“Tidak diketahui pasti foto diambil sebelum atau sesudah UN berbasis kertas itu berlangsung, hanya terlihat foto diunggah pada pukul 19:36 WIB. Tapi yang jelas, tidak dibenarkan untuk mengambil foto soal, apalagi selama UN berlangsung,” ujar Rifki.

Ditambahkan, berdasar pengamatan pada foto, tidak seluruh soal diambil dalam jarak dekat. Beberapa foto soal PBT tersebut, juga menampakkan latar pengambilan foto soal, seperti meja, lantai, hingga tangan pemegang soal. Sebuah foto bahkan menampakkan seseorang yang sedang memegang soal berpakaian setelan baju putih, celana dan menggunakan sabuk hitam. Selain itu, sebuah soal yang menampakkan meja dengan taplak batik, ditengarai bukan meja yang digunakan siswa untuk mengerjakan UN.

“Kemungkinan foto soal yang ini bukan diambil dari meja siswa,” jelas Rifki.

Grup line yang digunakan sebagai media penyebaran foto itu tidak hanya beranggotakan pelajar Yogyakarta, tetapi juga pelajar dari daerah lain. Oleh karenanya, ORI DIY masih akan melakukan penelusuran untuk mengungkap pelaku yang mengedarkan soal itu. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Dikpora DIY untuk menelusuri kasus ini. (Andi)

Check Also

lomba karya tulis internasional

Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja

Edupost.id – Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja ini diadakan oleh Departemen Pengembangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *