Senin , 23 Juli 2018
Home / Berita Pendidikan / Soal UN Matematika Terlalu Sulit, Tak Sesuai Kisi-kisi
Indonesia Siap Gelar Olimpiade Sains Internasional di Bali
ilustrasi. Pelaksanaan ujian nasional.

Soal UN Matematika Terlalu Sulit, Tak Sesuai Kisi-kisi

Edupost.id – Wakil sekretaris Jendral Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Satriwan Salim mengatakan, pihaknya menerima sejumlah laporan yang mengeluhkan sulitanya soal mata pelajaran Matematika pada Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun ini.

Soal Matematika banyak dikeluhkan di beberapa sekolah di Indonesia. Hal ini karena soal ujian UNBK ini melenceng jauh dari kisi – kisi yang sebelumnya telah diberikan kepada para peserta didik.

“Soal Matematika sangat sukar dikerjakan Siswa. Soal di UNBK 2018 jauh berbeda dari soal Try Out yang selama ini telah dipelajari siswa,” kata Satriwan dalam pernyataan tertulisnya.

Keluhan sukarnya megerjakan soal Matematika itu tidak hanya datang dari sekolah-sekolah di daerah. Sebagain besar sekolah di Jakarta juga mengeluhkan hal senada.

Diketahui, keluhan-keluhan tersebut berasal dari siswa SMAN 2 Tangerang Selatan, siswa SMA 46 Jakarta, siswa SMA BM Jakarta Selatan, siswa SMA Labschool Jakarta dan siswa SMAN 47 Jakarta.

Slamet Maryanto, seorang guru matematika di sebuah sekolah di Jakarta mengeluhkan jumlah dan cakupan materi tidak sesuai kisi-kisi. Soal juga menurutnya tidak sesuai dengan cakupan materi di simulasi UN dan uji coba UN.

Keluhan lainya adalah soal-soal itu tidak sesuai kaidah penyusunan soal yg baik (option jawaban diurutkan dari kecil ke besar atau sebaliknya). Tak hanya itu, Soal Trigonometri banyak keluar enam soal padahal di kisi-kisi hanya dua soal.

“Seharusnya pemerintah sudah merencanakan sesuai pedoman pembuatann soal dan kisi-kisi. Kasihan para siswa yang sudah berkali-kali ikut try out,” pungkas Satriwan. (Andi)

Check Also

Indonesia Siap Gelar Olimpiade Sains Internasional di Bali

Soal UN Terlalu Sulit, Mendikbud: Tahun Depan Tetap Pakai HOTS !

Edupost.id – Banyak pihak yang mengkritik penerapan High Order Thinking Skills (HOTS) yang dinilai belum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=