Jumat , 19 Oktober 2018
Home / Berita Pendidikan / Sudah Tahu Tata Tertib SBMPTN? Jika Melanggar Kena Sanksi!
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Sudah Tahu Tata Tertib SBMPTN? Jika Melanggar Kena Sanksi!

Edupost.id – Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan memberikan sanksi pelanggaran bagi peserta yang tidak memenuhi tata tertib ujian. Sanksi berupa tidak diikutkan dalam ujian. Apa saja tata tertibnya? Pastikan Anda tidka melanggarnya!

Berikut ini tata tertibnya:

1. Sebelum pelaksanaan Peserta harus datang 30 menit sebelum ujian berlangsung. Keterlambatan dengan alasan apapun akan membuat peserta tidak diizinkan untuk mengikuti ujian. Panitia melarang peserta mengenakan kaos oblong atau T-shirt. Peserta juga harus mengenakan sepatu saat mengikuti ujian.

Peserta harus memasukan segala bentuk catatan, buku dan alat komunikasi ke dalam tas dan diletakkan di depan kelas. Alat komunikasi harus dalam keadaan tidak aktif. Peserta harus duduk di posisi duduk sesuai nomor ujian masing-masing. Kartu peserta ujian harus diletakan dengan posisi foto menghadap ke atas.

Panitia mengharuskan peserta untuk membawa Kartu Tanda Peserta Ujian, fotokopi ijazah yang dilegalisir atau surat keterangan lulus dibubuhi cap resmi dari sekolah. Peserta perlu membawa alat tulis berupa pensil hitam 2B secukupnya, rautan pensil, karet penghapus yang bersih dan lunak, serta ballpoint hitam.

2. Selama Ujian Peserta mengisi Lembar Jawaban Ujian (LJU) menggunakan pensil 2B. Naskah soal ujian (NSU) tidak boleh dibuka sebelum tanda ujian dimulai. Selama ujian berlangsung panitia melarang peserta untuk menanyakan jawaban soal, bekerjasama atau bahkan berkomunikasi dengan peserta lain.

Memberi atau menerima jawaban soal antar peserta juga tidak diizinkan, termasuk memperlihatkan atau menunjukan LJU antarpeserta. Panitia juga tidak memperbolehkan peserta untuk saling meminjam alat tulis.  Peserta tidak diijinkan untuk meninggalkan ruangan seiijin panitia. Bila peserta selesai mengerjakan ujian sebelum waktu berakhir, maka peserta harus tetap duduk sampai waktu ujian berakhir.

3. Setelah selesai Peserta perlu memastikan kembali identitas dan jawaban telah terisi dengan benar. Panitia juga tidak mengizinkan peserta tetap mengisi LJU saat tanda berakhirnya ujian sudah berbunyi.

 

Check Also

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

4.942 Peserta Ikuti Ujian Keterampilan SBMPTN Yogyakarta

Edupost.id – Peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang memilih program studi seni …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=