Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Sulit Cari Mahasiswa, Tiga PTS di DIY akan Tutup
Menelisik-Urgensi-Akreditasi-PTS-di-Daerah
Ilustrasi: Wisuda (Foto: collegecandy)

Sulit Cari Mahasiswa, Tiga PTS di DIY akan Tutup

Edupost.id – Tiga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah naungan Kopertis V Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terancam ditutup. PTS yang akan ditutup mengalami berbagai masalah mulai dari tidak ada lagi aktivitas hingga tidak melapor ke Kopertis selama enam semester.

Koordinator Kopertis V, Bambang Supriyadi mengatakan, di wilayah Kopertis V saat ini ada dua akademi dan satu sekolah tinggi yang diusulkan untuk ditutup. Satu di antaranya bahkan kondisinya sudah dinyatakan sekarat.

“Namun tentu penutupan tidak semudah itu. Kami perlu berkomunikasi dengan yayasan. Satu dari beberapa persyaratannya kan lebih dari enam semester tidak membuat laporan. Nah, dua di antaranya sebentar lagi masuk ke semester enam,” kata Bambang

Satu PTS telah diajukan ke pemerintah pusat untuk ditutup karena tidak memiliki mahasiswa sejak tahun lalu. Namun, hingga saat ini SK penutupan itu belum turun. Kemudian, tahun ini ada dua PTS lagi yang akan bangkrut. Keduanya berada di level Akademi dan Sekolah Tinggi dengan jumlah masing-masing satu prodi.

“Yang satu sudah sekarat tinggal menunggu SK. Kalau yang dua itu sedang kami evaluasi, sebentar lagi akan kami ajukan untuk ditutup,” ujar Bambang.

Kedua PTS yang sekarat akan diajukan untuk ditutup pusat paling lambat tahun 2018 mendatang, dengan mempertimbangkan setelah menunggu beberapa semester. Hanya saja, salahsatu dari kedua kampus tersebut pengurusnya tidak komunikatif. Pihak pengelola juga tidak terlihat melakukan upaya perbaikan untuk menyelamatkan PTS yang tenfah sekarat.

Hingga 2017, umlah PTS di DIY tercatat 106 dengan 587 prodi. Tiga PTS di antaanya terancam ditutup sehingga tersisa 103 PTS. Dari jumlah PTS yang ada tersebut, masih ada 15% yang mengalami masalah dalam mencari mahasiswa. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *