Rabu , 18 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Tahun 2020 Sleman Jadi Barometer Pendidikan Berbasis IT
siswa memakai komputer dalam pembelajaran
Siswa memakai komputer dalam pembelajaran

Tahun 2020 Sleman Jadi Barometer Pendidikan Berbasis IT

Edupost.id, Sleman – Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Sleman, Ary Gunawan menargetkan tahun 2020 Kabupaten Sleman akan menjadi barometer pendidikan berbasis Teknologi Informasi. Untuk itu, IGI saat ini berupaya agar guru, khususnya di Sleman bisa “melek” IT. Hal itu dikatakan Ary di sela -sela workshop kelas digital IGI Sleman Minggu (7/8) di SMPN 2 Mlati.

Dalam Kurikulum 2013 tidak lagi diajarkan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer (TIK). Karenanya, menurut Ary, semua guru harus memiliki kemampuan bidang TIK. Program pemerintah, khususnya di Sleman yang akan memperbanyak sekolah penyelenggaa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) juga secara tidak langsung mengharuskan guru untuk mulai menggunakan IT dalam pembelajaran di kelas.

Salah satu langkah yang dilakukan IGI Sleman adalah dengan mengkampanyekan penggunaan kelas digital sebagai media pembelajaran. Pembuatan kelas digital ini melalui aplikasi emodo. Dengan emodo, guru tinggal membangun kelas digital secara gratis. “Kalau gurunya ‘melek IT’ Insya Allah akan sangat memudahkan,” ujar guru SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman itu.

Selain memudahkan siswa dalam mengakses materi dan tugas, kelas digital juga bisa digunakan untuk Ujian Dalam Jaringan (UDJ). Dengan sistem ini, ujian di sekolah berbeda bisa dilaksanakan secara bersamaan dengan sistem online. Selain menghemat kertas, sistem UDJ juga bisa digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dibanding sekolah lain. Sistem ini menyerupai UNBK tetapi bukan dengan server Kemendikbud.

Tahap awal, sudah ada empat sekolah di Sleman yang siap melaksanakan UDJ. Ketiga sekolah ini adalah SMPN 1 Prambanan, SMPN 2 Mlati, SMPN 3 Depok, dan SMP Muhammadiyah 3 Depok. Keempat sekolah ini akan menerapkan UDJ pada Ujian Tengah Semester (UTS).

IGI Sleman, kata Ary, juga akan mulai berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman tentang program yang diusung ini. “Rencananya Juamat besok baru akan bersilaturahmi ke Disdikpora Sleman,” imbuhnya. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *