Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Berita Pendidikan / Tahun Depan Semua SMA DIY Ditarget UNBK
siswa memakai komputer dalam pembelajaran
Siswa memakai komputer dalam pembelajaran

Tahun Depan Semua SMA DIY Ditarget UNBK

Edupost.id, Yogyakarta – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan semua SMA di DIY akan menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2017. Pernyataan ini disampaikan Kepala Disdikpora DIY, K. Baskara Aji di Yogyakarta beberapa hari yang lalu. Menurut Aji, penerapan UNBK memang sangat efektif mengurangi tingkat kecurangan dalam UN.

“Tahun depan targetnya semua SMA menerapkan UNBK,” ujar Aji kepada Edupost.id.

Ditambahkannya, untuk UN SMA di DIY tahun ini tidak ditemukan adanya kecurangan. Pada UN tahun ini memang ada siswa salah satu SMA di DIY yang melaporkan temuan kebocoran soal UN di group line. Namun, hasil penelusuran menunjukkan, kode soal itu bukan dari DIY.

Untuk jenjang SMP, Disdikpora DIY menargetkan ada lebih dari 100 sekolah DIY yang akan menerapkan UNBK. “Ada 100 sekolah yang menerapkan UNBK saya kira sudah cukup baik,” imbuhnya.

Pemerintah mulai tahun depan akan memberikan kemudahan kepada SMP untuk menggelar UNBK. Peserta UN SMP yang sekolahnya belum memiliki komputer cukup, diperbolehkan menggunakan komputer milik SMA yang sudah menerapkan UNBK. Dengan begitu, menurut Aji, akan semakin banyak SMP yang menggelar UNBK. Namun, secara bertahap pemerintah daerah diharapkan dapat melengkapi fasilitas komputer. (Andi)

Check Also

UNBK 2016

DIY Pastikan 100 Persen SMP, SMA, SMK Siap Gelar UNBK

Edupost.ID – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan siap menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *