Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Tahun Depan SMP Kota Yogyakarta Terapkan E-Learning
Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun
Siswa SMP

Tahun Depan SMP Kota Yogyakarta Terapkan E-Learning

Edupost.id – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan akan mengembangkan sistem pembelajaran e-learning bagi jenjang SMP. Sistem yang akan mulai diberlakukan tahun 2018 ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa maupun para guru.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Hari Suasana menyebut program e-learning ini akan difokuskan pada mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional, yakni Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris terlebih dulu. Program e-learning tersebut diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa terhadap berbagai mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional.

Ditambahkan, e-learning akan mewujudkan pembelajaran berbasis teleconference yang bisa diikuti seluruh SMP di Kota Yogyakarta melalui internet. Para pengajar dalam e-learning akan mengajar dengan cara yang lebih atraktif untuk merangsang minat dan semangat belajar siswa.

“Selain bisa membantu siswa lebih luas, cara pengajaran yang disampaikan oleh pengisi materi juga bisa dicontoh oleh guru di kelas. Pengajaran pun bisa dilakukan secara interaktif,” tutur Edy.

Sebelum pemberlakuan e-learning, Disdik Kota Yogyakarta sudah lebih dulu memberlakukan layanan Konsultasi Belajar Siswa (KBS) Online. Selama ini, KBS online dijalankan melalui jaringan telepon. Guru yang biasa menjadi narasumber KBS Online akan dijadikan pengajar saat e-learning.

“Kami akan jadikan guru-guru yang biasanya menjadi narasumber dalam program Konsultasi Belajar Siswa (KBS) Online menjadi guru yang akan mengisi materi saat e-learning,” jelas Edy.

Saat ini, kata Edy, sudah ada beberapa sekolah yang telah siap menerapkan sistem e-learning, dengan memiliki fasilitas penunjang lengkap. Namun kedepannya akan lebih dikembangkan secara intensif agar bisa diikuti seluruh SMP di Kota Yogyakarta.

“Kami upayakan agar e-learning cakupannya diperluas sehingga semua SMP Negeri yang ada di Kota Yogyakarta bisa mengakses,” katanya. (Andi)

Check Also

siswa-SMA

Kota Yogyakarta Siap Fasilitasi Sekolah untuk E-Learning

Edupost.id – Rencana Pemerintah Kota Yogyakarta untuk memberlakukan e-learning tentunya membutuhkan fasilitas penunjang yang dibutuhkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *