Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Tahun ini, 16.975 Kursi PTN Yogyakarta Siap Diperebutkan
Hasil-SBMPTN-2016-Diumumkan-Hari-Ini
Peserta SBMPTN (foto: Andi Edupost)

Tahun ini, 16.975 Kursi PTN Yogyakarta Siap Diperebutkan

Edupost.ID – Pada tahun ini, sebanyak 16.975 kursi akan diperebutkan oleh calon mahasiswa baru di Yogyakarta melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), serta Seleksi Mandiri. Keseluruhan kursi ini tersebar di empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Yogyakarta yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, serta Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran.

Tahun ini, sebanyak 6.627 kursi disediakan oleh UGM, 2.320 kursi di UPN, 3.372 kursi di UIN, serta 4.656 kursi di UNY. Kuota ini akan dibagi ke dalam 3 jalur yang telah disebutkan dengan perincian 30% untuk SNMPTN, 40% untuk SBMPTN, serta 30% untuk Seleksi Mandiri.

“Tahun ini persentase kuota yang disediakan semua PTN di Jogja sama, yaitu 30% untuk SNMPTN, 40% untuk SBMPTN, serta 30% untuk seleksi mandiri,” ujar Direktur Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, Sri Peni Wastutiningsih, saat memberikan sosialisasi penyelenggaraan SNMPTN dan SBMPTN kepada perwakilan SMA/SMK/MA se-DIY, Rabu (25/1) di Grha Sabha Pramana UGM.

SNMPTN menjadi jalur seleksi yang diselenggarakan paling awal. SNMPTN sendiri merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 sampai dengan semester 5 bagi SMA/SMK/MA atau sederajat serta portofolio akademik.

Rangkaian kegiatan SNMPTN tahun ini telah dimulai pada 14 Januari dengan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pendaftaran SNMPTN berlangsung pada tanggal 21 Februari hingga 6 Maret 2017. Sedangkan pendaftaran SBMPTN  dibuka pada 11 April hingga 5 Mei 2017, dan ujian dilaksanakan pada 16 Mei 2017. (Andi)

Check Also

Hasil-SBMPTN-2016-Diumumkan-Hari-Ini

Delapan Jurusan Favorit di SBMPTN bagi Siswa SMK

Edupost.id – Banyak siswa SMK yang ingin melanjutkan kuliah, masih bingung memilih jurusan dan kampus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *