Sabtu , 25 Februari 2017
Home / Berita Pendidikan / Tahun ini Kemenristek Dikti Alokasikan 80 Ribu Beasiswa
Tahun ini Kemenristek Dikti Alokasikan 80 Ribu Beasiswa
Tahun ini Kemenristek Dikti Alokasikan 80 Ribu Beasiswa

Tahun ini Kemenristek Dikti Alokasikan 80 Ribu Beasiswa

Edupost.ID – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti) tahun ini akan mengalokasikan 80 ribu beasiswa dari yang sebelumnya 60 ribu. Namun, seiring dengan bertambahnya jumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia, alokasi beasiswa ke masing-masing perguruan tinggi menjadi berkurang karena sebagian beasiswa harus dialokasikan ke perguruan tinggi yang baru.

“Untuk tahun 2017 kami akan mengalokasikan beasiswa sebanyak 80 ribu dari yang sebelumnya 60 ribu. Ini suatu perjuangan yang harus kita lakukan, meskipun anggaran turun tapi jumlah beasiswa harus terus naik,” ujar Menristek Dikti, Mohamad Nasir, dalam pertemuan bersama perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (30/1) di Grha Sabha Pramana UGM.

Disebutkan, anggaran pendidikan tinggi yang dikelola Kemristek Dikti terus menurun setiap tahunnya. Setelah hanya memperoleh jatah anggaran sebesar Rp 40 Triliun pada tahun 2016, anggaran pendidikan tinggi tahun ini turun menjadi Rp 39 Triliun. Penurunan anggaran ini menuntut kementerian untuk memangkas anggaran operasional demi tetap mempertahankan alokasi dana beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu.

Untuk mengatasi persoalan ini, menurut Nasir, rasionalisasi anggaran menjadi satu-satunya cara untuk tetap mempertahankan jumlah beasiswa bagi mahasiswa. Melalui rasionalisasi ini, Kemristek Dikti mampu menambah jumlah beasiswa yang akan diberikan pada tahun 2017.

Selain menambah jumlah beasiswa bagi mahasiswa, tahun ini Kemristek Dikti juga akan menambah besaran dana untuk penerima Bidik Misi. Tahun ini mahasiswa bidikmisi dipastikan akan menerima Rp650 ribu per orang dari sebelumnya yang hanya Rp600 ribu per orang.

Menurut Nasir,peningkatan anggaran untuk pendidikan tinggi masih menjadi hal yang sulit mengingat pemerintah masih memprioritaskan pembiayaan sekolah dasar dan menengah. Meski demikian, Kemristek Dikti akan terus berusaha untuk mengelola anggaran yang ada untuk memajukan kualitas perguruan tinggi di Indonesia. Salah satunya dengan revitalisasi sarana laboratorium yang dapat menggenjot produk riset dan inovasi Indonesia. (Andi)

Check Also

Beasiswa (NPUST) Taiwan

Beasiswa Sarjana NPUST Taiwan

Edupost.ID – National Pingtung University of Science and Technology University (NPUST) Taiwan menawarkan peluang beasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *