Sabtu , 25 November 2017
Home / Berita Pendidikan / Tahun Ini Seleksi Mandiri PTN Manfaatkan Hasil SBMPTN
cbt sbmptn 2016
CBT SBMPTN 2016. ilustrasi : e-sbmptn

Tahun Ini Seleksi Mandiri PTN Manfaatkan Hasil SBMPTN

Edupost.id – Pelaksanaan Seleksi Mandiri yang dilaksanakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Berdasarkan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor 126 tahun 2016 pasal 12 menyatakan bahwa Seleksi Mandiri setiap PTN menggunakan nilai hasil tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang difasilitasi oleh Panitia Pusat.

“Kebijakan UB sekarang mengacu pada peraturan tersebut. Proses untuk diterima di sebuah PTN ada 3 jalur, SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri. Dalam aturan ini, Kementerian mewajibkan nilai SBMPTN digunakan untuk Jalur Mandiri. Beberapa kampus yang sudah menerapkan di antaranya ITS,” terang Rektor Universitas Brawijaya (UB) M. Bisri saat konferensi pers beberapa waktu lalu.

Bisri menambahkan, UB tidak melaksanakan ujian tulis untuk Jalur Mandiri, kecuali bagi calon mahasiswa UB Kediri. “Kami tetap akan melaksanakan tes khusus, karena kami ingin calon mahasiswa mengetahui kampus Kediri. Jadi pelaksanaan tesnya di Kediri. Jadi fair,” ucapnya. Calon peserta tes Kediri, imbuh Bisri, dikhususkan untuk wilayah Kediri dan sekitarnya.Calon peserta Jalur Mandiri, menurut Bisri, wajib melakukan pendaftaran seperti biasa.

Menurut Wakil Rektor I Bidang Akademik Kusmartono, untuk standar nilai yang dipakai, menggunakan nilai SBMPTN. “Jika calon mahasiswa memilih Teknik Sipil saat SBMPTN, dan memilih MIPA saat ikut Jalur Mandiri, maka kita akan tetap menggunakan standar nilai tersebut, karena standar soal ujiannya juga sama,” tuturnya.

Sementara itu, mengenai kuota, Kusmartono menerangkan, Jalur Mandiri memiliki kuota sebanyak 30 persen dari jumlah calon mahasiswa baru. “Sekitar 3.000 orang calon mahasiwa baru di kampus utama dan sekitar 500 orang di kampus Kediri,” ungkapnya.

Terkait peserta Jalur Mandiri, lanjut Kusmartono, yang bisa ikut adalah lulusan SMA atau sederajat, yang lulus tahun 2015, 2016 dan 2017. Biaya yang harus dibayarkan untuk calon peserta Jalur Mandiri sebesar Rp 450.000,- sedangkan untuk Jalur Mandiri kampus Kediri sebesar Rp 500.000,-. Salah satu poin penting dalam Jalur Mandiri adalah tentang pengumuman penilaian, yang akan lebih cepat dibandingkan ujian tulis. (UB/ IK-SS)

Check Also

Kucing

Kedokteran Hewan UB Ciptakan Terapi Sedot Lemak Kucing

Edupost.id  – Kucing yang menderita obesitas memiliki resiko penyakit komplikasi metabolic seperti penyakit jantung, penyakit gangguan liver, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *