Jumat , 20 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Teliti Premanisme, Siswa SMPN 5 Yogyakarta Raih Medali Emas
SMPN 5 Yogjakarta
SMPN 5 Yogjakarta

Teliti Premanisme, Siswa SMPN 5 Yogyakarta Raih Medali Emas

Edupost.id – Humam Arshad Mustaghfirin dan Fatimah Angie Bio Jenie, dua siswa SMPN 5 Yogyakarta berhasil mendapat medali emas bidang Ilmu Pengetahuan Sosial Kemanusiaan dan Seni dalam Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) 2016 di Jakarta 27-29 September 2016. Hasil penelitian yang berjudul Premanisme Terhadap Anak dan Alternatif Solusinya menjadi karya terbaik pada ajang ini.

Ide karya penelitian ini berawal dari kasus penyiletan yang meresahkan Yogyakarta pada April silam. Kasus penyiletan itu sempat memakan korban anak yang masih berstatus pelajar di Yogyakarta.

“Di Yogya ada penyiletan yang sempat buat gempar di media massa nasional jadi kami tertarik untuk mencari solusi masalah premanisme tersebut,” kata Humam siswa kelas 8 SMPN 5 Yogyakarta.

Dari penelitian itu, kedua peneliti muda ini menemukan adanya faktor kesenjangan ekonomi yang mendorong terjadinya kasus premanisme. Khusus kasus penyiletan, pelaku terindikasi memiliki gangguan kejiwaan.

Sejumlah saranpun ditawarkan agar kasus sejenis tidak terulang kembali. Menurut mereka, pemasangan CCTV di tempat rawan premanisme menjadi salah satu solusi penting yang ditawarkan. Selain itu, perlu dilakukan patroli di waktu dan tempat rawan premanisme, serta pembinaan di sekolah dan masyarakat. Tidak hanya itu, Humam dan fatimah juga mengusulkan agar pemerintah membuat UU Perlindungan Anak terhadap Premanisme.

Guru pembimbing penelitian sekolah setempat, Abdurrahman, mengaku puas dengan keberhasilan yang diraih anak didiknya ini. Ia berharap, prestasi ini bukan prestasi akhir bagi sekolahnya pada ajang LPSN. (Andi)

Check Also

Atlet Muda Baseball Bandung Akan Berlaga Di Tiongkok

Lima Atlet Muda Baseball Bandung Tanding Di Tiongkok

Edupost.iD- Sebanyak 30 orang akan berangkat untuk mewakili Indonesia untuk pertandingan The 9 tahun UI2 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *