Senin , 26 Juni 2017
Home / Berita Pendidikan / Tes Psikologi Bantu Orangtua Kenali Potensi Anak
Tes psikologi anak
Tes psikologi anak (dok: Ida Siti Sholihat)

Tes Psikologi Bantu Orangtua Kenali Potensi Anak

Edupost.id, Bogor – Negara kuat dimulai dari keluarga hebat hasil dari proses pembelajaran yang tepat. Orangtua dituntut untuk berpikir terbuka dan terus belajar terutama dalam mendidik anak. Banyak cara yang dapat dilakukan orangtua untuk mengetahui potensi anak diantaranya melalui tes psikologi.

“Alhamdulillah telah diadakan pembahasan hasil tes psikologi putra putri kami di perumahan Nuansa Asri Laladon RT 06/06. Orangtua mendapatkan amplop berisi rekap hasil tes psikologi antara lain nilai nilai aspek kognitif dari anaknya,” ujar Ida kepada Edupost.id.

Tes psikologi, ungkap Ida, bersifat dinamis karena setiap waktu hasilnya dapat berubah. Hasil tes psikologi dapat naik dan turun sesuai dengan kondisi anak saat mengikuti tes. Dari dokumen tersebut dapat diketahui potensi anak, juga aspek kekurangan anak yang perlu mendapatkan perhatian orangtua.

“Anak memiliki gaya belajar yang berbeda. Dari hasil tes tersebut orangtua dapat mengetahui pendekatan terbaik untuk anak. Misalnya anak auditori, berbeda dengan anak kinestetik berbeda dengan anak visual dan berbeda juga dengan anak plegmatis,” tambahnya.

Pembahasan tes, jelas Ida, disampaikan Assyaif Syarifudin dari Lembaga Bina Mandiri Insani Bogor. Sebagian hasil tes yang anaknya belum masuk sekolah, tentu dapat memberikan gambaran kesiapan anak dari segi psikologi. Pembahasan dilakukan selama satu setengah jam. Orangtua juga diberikan pengarahan mengenai cara melakukan pendekatan kepada anak.

“Bagi para orangtua yang anaknya ikut tes diberikan jasa konsultasi lanjutan gratis selama satu tahun. InsyaAllah di bulan September 2016 akan diadakan tes kedua untuk melihat perkembangan anak kami tercinta,” terangnya. (Ida Siti Sholihat/Nisa)

Check Also

U-Torc, Pembalut Ramah Lingkungan Inovasi IPB

U-Torc, Pembalut Ramah Lingkungan Inovasi IPB

Edupost.id – Pembalut sebagai barang ekonomi merupakan benda yang permintaannya selalu kontinyu dari waktu ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *