Rabu , 23 Mei 2018
Home / Berita Pendidikan / Tes SBMPTN di Kampus Ini Hanya Pakai Smartphone Android
smartphone android
Smartphone android

Tes SBMPTN di Kampus Ini Hanya Pakai Smartphone Android

Edupost.id – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 diselenggarakan dengan dua cara yaitu Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Berbasis Komputer (UTBK) menggunakan smartphone berbasis Android. 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Eksekutif I Panitia Lokal (Panlok) 34 Bandung 2018 , Prof. Dr. Asep Gana Suganda pada acara Jumpa Pers Sosialisasi SBMPTN 2018 Panitia Lokal 34  Bandung, di Information Centre ITB, beberapa waktu lalu.

Asep mengatakan, target jumlah peserta SBMPTN tersebut meliputi 43.600 peserta kategori UTBC  dan 3.270 peserta kategori UTBK. Jika pada tahun sebelumnya pelaksaan UTBK hanya menggunakan desktop (PC) maka pada tahun ini diluncurkan aplikasi baru yang bernama Mobile Assisted Testing (MAT) SBMPTN 2018.

Berikut ini mekanisme penggunaan gawai berbasis Android ini. Pada saat melakukan pendaftaran peserta juga harus mendaftarkan perangkat yang akan digunakan pada saat UTBK dan akan dicatat kode  Media Access Control (MAC) nya, dan nantinya perangkat tersebut yang harus digunakan pada saat UTBK. Dr. Arry juga menegaskan agar para peserta memastikan bahwa perangkat yang akan mereka pergunakan sesuai dengan spesifikasi yang disyaratkan untuk mengikuti UTBK berbasis Android ini.

Peserta tinggal mengunduh aplikasi MAT Tools pada laman cbt.sbmptn.ac.id. Sebelum mengunduh, ada beberapa ketentuan yang harus disesuaikan oleh perangkat gawai peserta. Ketentuan tersebut meliputi: gawai minimal berbasis OS Android KitKat (APL 19), memiliki RAM sebesar 1,5 GB, memiliki layar minimal 4,5 inci, dan memiliki wireless protokol 802.11n atau 802.11ac.

Selain itu, gawai memiliki kondisi baterai yang baik atau disarankan membawa bank daya (power bank) saat melaksanakan ujian. Bagi gawai dengan ukuran layar 4,5 hingga 6,9 inci, memiliki resolusi minimal 720×960 pixel dan kerapatan 240 dpi. Sementara untuk layar berukuran lebih atau sama dengan 7 inci, memiliki resolusi minimal 600×960 pixel dan kerapatan 160 dpi.

Nantinya sebanyak 2.270 peserta akan mengikuti UTBK dengan menggunakan desktop (PC) dan menggunakan perangkat tablet atau telepon pintar berbasis Android sebanyak 1.000 peserta. (Unpad/ IK-SS)

Check Also

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

4.942 Peserta Ikuti Ujian Keterampilan SBMPTN Yogyakarta

Edupost.id – Peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang memilih program studi seni …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=