Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Tiga PTN di DKI Gelar Sosialisasi Seleksi Calon Maba
Tiga PTN di DKI Gelar Sosialisasi Seleksi Maba
Tiga PTN di DKI Gelar Sosialisasi Seleksi Maba (foto: UIN)

Tiga PTN di DKI Gelar Sosialisasi Seleksi Calon Maba

Edupost.Id- Tiga perguruan tinggi negeri (PTN) di wilayah DKI Jakarta (UI, UIN, UPN) terlah menggelar acara sosialisai bersama terkait proses penerimaan calon mahasiswa baru di kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jumat (27/1). Acara yang dibuka oleh Rektor UI, Dr Muhammad Anis turut dihadiri para kepala sekolah serta guru pembimbing konseling (BK) se- Jabodetabek.

Sosialisai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan tinggi Negeri (SBMPTN), penting disampaikan agar masing-masing sekolah dapat memahami mengenai teknik dan mekanisme dari kedua jalur tersebut. Penjelasan informasi teknis tentang penerimaan calon mahasiswa, secara khusus disampaikan Kepala Humas UI Rifelly Dewi Astuti.

“Syarat lain, siswa harus lulus tahun 2017, memiliki prestasi unggul atau masuk pringkat terbaik di sekolah sesuai akreditasinya,” ujar Riffelly. Akreditasi sekolah yag dimaksud adalah A sebanyak 50 persen terbaik di sekolahnya, akreditasi B sebesar 30 persen, akreditasi C sebesar 10 persen dan belum terakreditasi sebesar 5 persen.

Rifelly juga menjelaskan, peserta SNMPTN dapat memilih sebanyak dua PTN dengan ketentuan satu PTN yang dipilih harus berada di wilayah provinsi sekolah (SMA/MA) asal peserta, sedangkan PTN lainnya dipilih di luar provinsi sekolah asal peserta. Tetapi jika hanya memilih satu PTN saja, peserta dapat memilih PTN di mana pun di seluruh Indonesia.

“Pendaftar juga boleh memilih tiga program studi. Syaratnya, dua program studi dipilih di satu PTN dan satu program studi lainnya dipilih di PTN mana saja,” jelasnya.

Sekolah yang boleh mengikuti jalur SNMPTN tersebut adalah tingkat SMA/SMK/MA atau sederajat, sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri dan telah lengkap mengisi PDSS yang berisikan kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama UIN jakarta, Drs Zaenal Arifin menjelaskan mekanisme dari kedua jalur seleksi berbeda. “Kedua jarur (SNMPTN dan SBMPTN) mekanismenya berbeda, jadi masyarakat perlu mengetahui dengan baik agar tidak salah informasi,” kata Arifin.

Sesuai dengan ketentuan Panitia Pusat SNMPTN 2017, jadwal pengisian PDSS dilakukan mulai tanggal 14 Januari hingga 10 Februari 2017, vertifikasi PDSS dimulai 15 Januari hingga 12 Februari 2017. (UIN/Inan)

Check Also

Hasil-SBMPTN-2016-Diumumkan-Hari-Ini

Delapan Jurusan Favorit di SBMPTN bagi Siswa SMK

Edupost.id – Banyak siswa SMK yang ingin melanjutkan kuliah, masih bingung memilih jurusan dan kampus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *