Kamis , 24 Agustus 2017
Home / Berita Pendidikan / Tujuh Prestasi Membanggakan Mahasiswa di Kancah Internasional
mahasiswa-uii-raih-penghargaan-di-asean-youtex
Mahasiswa UII raih penghargaan di ASEAN Youtex (foto: UII)

Tujuh Prestasi Membanggakan Mahasiswa di Kancah Internasional

Edupost.id – Mahasiswa merupakan agent of change karena potensi luar biasa yang dimilikinya. Terbukti, deretan penghargaan di ajang bergengsi dunia berhasil diraih para mahasiswa Indonesia. Berikut ini tujuh prestasi mahasiswa Indonesia yang menjuarai kompetisi hingga taraf internasional.

  1. Juara Pertama Olimpiade Fisiologi Internasional

Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) berhasil meraih juara pertama dalam olimpiade kedokteran dunia, Inter-Medical School Physiology Quiz atau IMSPQ 14 pada 29-30 Juli 2016 lalu. Tim UGM ini terdiri dari Alfin Harjuno, Aditio Artyasa, Fitrawan Silvano, Maria Patricia dan Yolanda Kadir. Mereka berhasil menyisihkan 81 tim lain dari berbagai negara.

2. Desain Dijadikan Logo Minuman Piala Eropa

Nama Gilang Bogy Indiana Saputra, mahasiswa Universitas Negeri Solo (UNS) mnejadi terkenal lantaran 24 desain foto anggota tim nasional sepakbola Jerman buatannya dijadikan logo minuman Piala Eropa. Ia hanya membutuhkan waktu dua hari menyelesaikan karyanya dengan teknik Wedha’s Pop Art Portrait (WRAP).

3. Juara ASHRAE Internasional Competition (AIC) 2016

Karya unik tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menjuarai ASHRAE Winter Conference 2017 pada 28 Januari-1 Febuari lalu di Las Vegas, Amerika Serikat. Tim ITB yang terdiri dari Bernard Tristian, Avip Noor Yulian, Daniel Christopher , Dennis Setiawan, dan Victorina Arif ini merancang lahan pertanian dengan 10 lantai.

4. Boyong Medali Emas di Malaysia

Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menyabet medali emas di ajang International Engineering Invention Innovation Exhibition (I-ENVEX) 2016 di Universitas Malaysia Perlis. Tim UNY ini terdiri dari Isvi Ria Nur Afit Afit, Astuti Lestari, Nilam Arba Wulandari, Rizal Justian Setiawan dan Yanna Anggraini Pratiwi.

5. Raih Penghargaan di ajang ASEAN YOUTEX 2016

Sepuluh mahasiswa Universitas Islam Indonesia UII meraih penghargaan di ajang ASEAN Youth Excursion (YOUTEX) 2016 Mei lalu di Singapura. Kegiatan yang bertema “Connecting ASEAN Youth Leader to the World” ini diadakan Indonesia Youth Leaders Alliance (IYLA) untuk pemuda yang yang memiliki bakat entrepreneur, sosial, budaya dan menjadi bagian dari komunitas pemuda ASEAN.

6. Formasi Unik Raih Rekor Dunia

Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil memecahkan rekor dunia dalam pembentukan formasi atau “The Most Mozaic Picture Formation”. Rekor dunia ini diberikan atas formasi transisi tercepat yaitu 42 detik dan jumlah formasi terbanyak yaitu sebanyak tujuh buah. Rekornya diberikan oleh badan pemberi rekor dunia dari Inggris, Record Holder Republic (RHR) Registry of Official World Records.

7. Sabet gelar juara dunia

Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah dipersiapkan secara matang untuk meraih gelar juara dunia. Selain karya kapal tenaga surya para mahasiswa juga menciptakan karya lain yang juga menjadi kategori karya besar mahasiswa di tingkat internasionaldiantaranya, mobil irit BBM, hingga robot kapal tanpa awak Rektor ITS.  (Inan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *