Rabu , 19 September 2018
Home / Berita Pendidikan / Tunjangan Guru Belum Cair, Mendikbud: Harap Bersabar
Biaya-Dinas-Pejabat-Sedot-Anggaran-Dikti
Ilustrasi: Uang Rupiah. (Foto: bloomberg)

Tunjangan Guru Belum Cair, Mendikbud: Harap Bersabar

Edupost.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi meminta para guru agar bersabar dalam menunggu pencairan tunjangan profesi guru (TPG). Ia menyebut, pencairan TPG memang sedang tertunda.

“Meskipun sempat tertunda, dalam waktu dekat tunjangan tersebut akan diberikan kepada semua guru yang memang berhak dan tercatat sebagai penerima,” ujar Mendikbud dalam siaran pers, (12/5).

Muhadjir mengungkapkan, tunjangan profesi diberikan melalui dana alokasi khusus (DAK) yang disalurkan melalui pemerintah kota dan kabupaten untuk SD dan SMP. Sedangkan SMA melalui pemerintah provinsi.

“Jika dana yang disalurkan belum sampai, saya harap para guru bersabar dan bersyukur karena belum semua guru dapat memperoleh kesempatan ini,” tambahnya.

TPG merupakan tunjangan khusus yang diberikan kepada para guru yang telah lulus sertifikasi profesi, baik PNS maupun non-PNS. Termasuk guru atau pengajar di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Dana TPG bagi guru PNS daerah dialokasikan melalui kas daerah sesuai dengan yang diajukan sejak awal tahun anggaran. Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan mentransfer dana tersebut ke masing-masing pemerintah daerah.

Sementara, untuk TPG bukan PNS masuk ke dalam anggaran Kemendikbud. Sehingga dana tunjangan profesi akan langsung dikirim Kemendikbud ke rekening masing-masing guru. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=