Kamis , 27 Juli 2017
Home / Berita Pendidikan / UGM Akan Ajak PT Lain Tingkatkan Kualitas Riset
UGM Akan Ajak PT Lain Tingkatkan Kualitas Riset
UGM Akan Ajak PT Lain Tingkatkan Kualitas Riset

UGM Akan Ajak PT Lain Tingkatkan Kualitas Riset

Edupost.id – Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof. Suratman mengatakan, UGM berinisiatif mengajak PerguruannTinggi (PT) lain di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk bersama – sama meningkatkan kualitas riset. Nantinya, PT di DIY dapat melakukan pameran hasil riset secara bersama dalam satu kesempatan agar masyarakat dapat langsung melihat haail riset masing – masing PT.

“Kita akan sampaikan ke Ngarso Dalem, Gubernur DIY selaku pemimpin tertinggi di DIY, agar seluruh Perguruan Tinggi di DIY harus gumregrah. Kita akan mengajak Perguruan Tinggi lain di DIY mengakan expo bersama – sama di JEC,” ujar Suratman ketika menutup acara UGM Expo 2016 di Grha Sabha Pramana UGM.

Ditambahkannya, beberapa waktu lalu, pihaknya dipanggil oleh Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di Jakarta. Menurutnya, Wantimpres meminta PT agar dapat mengatasi permasalahan bangsa melalui hasil riset. Permasalahan bangsa sangatlah kompleks, mulai dari kemiskinan, bencana, pendidikan, dan sebagainya. Namun, yang sangat sulit diatasi, menurut Suratman adalah tentang revolusi mental.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh peneliti UGM agar tetap bersemangat melakukan riset demi pengabdian kepada bangsa. Suratman juga menekankan agar hak paten hasil riset Indonesia juga dimiliki orang Indonesia.

“Kami mohon kedepan tidak hanya inovasi tapi jg hilirisasi riset. Ketergantungan terhadap luar negeri kita pangkas dengan penelitian dari UGM,” tegas Suratman.

Terkait UGM Expo 2016, Suratman sangat bangga dengan pencapaian tahun ini. Pada pembukaan acara ini telah dilakukan penandatangan 21 MOU antara UGM dengan berbagai pihak. Ini tentunya aebuah pencapaian yang baik sebagai bukti keseriusan UGM mengatasi persoalan bangsa.

Sementara itu, ketua panitia UGM Expi 2016, Prof. Sri Raharjo menyebut, pengunjung acara ini sudah mencapai lebih dari 11.000 orang sejak pembukaan 20 September. Angka ini menurutnya menunjukkan tingginya antusiaame warga DIY terhadap UGM. (Andi)

Check Also

Pertemun ke-6 South East Asia Network for Animal Science (SEANAS) pada 20-22 Juli 2017, Hanoi, Vietnam

Fapet UGM Tingkatkan Kurikulum Menjadi Level Dunia

Hanoi (21/7) – Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada (UGM) tengah berupaya untuk meningkatkan kurikulum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *