Sabtu , 25 November 2017
Home / Berita Pendidikan / UGM Menjadi Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

UGM Menjadi Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Yogyakarta- Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di urutan pertama perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan data webometric, edisi Januari 2015. “Ini tahun ketiga UGM berada posisi teratas di Indonesia versi webometric,” ungkap Kepala Pusat Sistem dan Sumber Daya Informasi (PSDI) UGM, Widyawan, seperti diberitakan Republika.

Menurut data tersebut, UGM juga menempati peringkat ke-9 dari 100 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara. Peringkat ini disusul oleh UI di peringkat 13, ITB di peringkat 15, Universitas Brawijaya peringkat 16 dan IPB di peringkat 27.

Sementara itu, dari daftar 1.000 perguruan tinggi terbaik di dunia, UGM berada di urutan ke 518, disusul UI pada peringkat 660, ITB pada peringkat 704, sedangkan Unibraw pada peringkat738.

Widyawan menambahkan, posisi UGM di Indonesia masih cukup stabil. Namun di luar negeri, peringkat UGM masih mengalami naik turun. Berdasarkan data webometric pada bulan Juli 2014, peringkat UGM berada di 414 dunia.

Menurutnya, kriteria pemeringkatan perguruan tinggi yang dilakukan oleh  webometrics didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi web, visibilitas, dan dampak dari publikasi web bagi para pengguna di masyarakat.

Walaupun mengalami penurunan peringkat dunia, namun lanjutnya, UGM  bisa mempertahankan peringkat nomor satu di Indonesia adalah hal yang patut disyukuri. “Peringkat Universitas Gadjah Mada selama 3 tahun terakhir selalu berada pada posisi pertama di Indonesia,” ujarnya.

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *