Senin , 5 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / Uji Coba UKG Online di Surabaya
guru
Ilustrasi. Guru

Uji Coba UKG Online di Surabaya

Edupost.id- Setelah menjalani uji coba UKG yang diselenggarakan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemdikbud bekerjasama dengan Dispendik Surabaya, selama dua hari di SMU Muhammadiyah dan SMKN 2 Surabaya.  Sebanyak 250 guru TK se-Surabaya di harapkan mampu menjalani UKG online yang sebenarnya.

“Total jumlah peserta 400 peserta dengan rincian 250 guru TK dan 150 Guru SD”, ujar Yusuf Masruh Kabid Ketenagaan Dispendik.

Kebanyakan dari mereka merupakan pendidik TK, yang paling tidak telah mengetahui petunjuk teknis mulai dari mengoperasikan komputer sampai mengerjakan soal-soal.

Sementara itu, Kasi Tenaga Non Fungsional Verawati menyampaikan tujuan UKG adalah untuk memetakan kualitas guru, yang nantinya dijadikan bahan pertimbangan guna pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan kenaikan pangkat, promosi jabatan dan lain sebagainya. Selain itu, kompetensi guru yang diperoleh akan digunakan sebagai bahan untuk melakukan peningkatan kompetensi secara berkelanjutan (diklat).

Verawati menambahkan, uji coba ini juga bertujuan menyiapkan kompetensi para guru karena standar nilai UKG  minimal 5,5 dan mesti ditingkatnya setiap tahun hingga mencapai nilai 8,0 pada tahun 2018/2019 nanti.

Untuk soal UKG akan dibedakan menjadi dua kelas untuk guru-guru SD, yaitu soal untuk guru kelas bawah (1-3) dan soal untuk guru kelas tinggi (4-6). “Dengan model CBT uji coba UKG menjadi sebuah solusi dalam menyiapkan para guru”, ungkap Vera. (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *