Senin , 25 Juni 2018
Home / Berita Pendidikan / Ujian Nasional Mulai Tahun Ini Dibiayai Dana BOS
Ujian Nasional (UN)
Siswa mengikuti ujian nasional (UN)

Ujian Nasional Mulai Tahun Ini Dibiayai Dana BOS

Edupost.id – Kepala Dinas Pendidikan Pemudan dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, tahun ini sistem pendanaan penyelenggaraan ujian nasional tidak hanya mengandalkan APBN.

“Untuk pembiayaan ada sedikit perbedaan, di tahun sebelumnya sepenuhnya dibiayai APBN, tahun ini dikolaborasikan dengan dana BOS,” terangnya.

Namun demikian, pihaknya memastikan perubahan kebijakan ini tak akan mengganggu proses UN. Pihak sekolah selama ini sudah terbukti mampu mengelolah dana BOS dengan baik.

Pihaknya juga memastikan DIY siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 100% baik di tingkat SMP maupun SMA/SMK/MA pada 2018 ini. Jenjang SMA/SMK dinilai seluruhnya sudah memiliki fasilitas komputer, sedangkan SMP sekitar 30% yang harus numpang di sekolah lain karena keterbatasan fasilitas.

Terkait persiapan, Aji mengaku tak khawatir terjadi gangguan dalam pelaksanaan UNBK tahun ini. Pengalaman sekolah menggelar UNBK pada tahun sebelumnya sudah menjadi modal yang baik untuk pelaksanaan tahun ini. “Persiapan biasa aja, saya rasa sekolah sudah terbiasa melaksanakan UNBK di tahun sebelumnya.

Pihaknya juga memastikan prosedur operasional standar (POS) UN 2018 dari pusat telah diterima daerah. Untuk itu, sekolah diminta untuk dapat melaksanakan UN sebaik-baiknya.

UN jenjang SMA/MA akan digelar pada tanggal 9-12 April 2018, dan susulannya juga dilaksanakan pada 17-18 April 2018. Sedangkan jenjang SMP/MTs akan berlangsung pada tanggal 23-26 April 2018, dan susulannya pada 8-9 Mei 2018.   (Andi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=