Minggu , 18 Februari 2018
Home / Berita Pendidikan / Ujian Nasional (UN) Masuk Pertimbangan SNMPTN 2015

Ujian Nasional (UN) Masuk Pertimbangan SNMPTN 2015

Jakarta- Ujian Nasional (UN) menjadi faktor pertimbangan diterimanya calon mahasiswa baru (maba) dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015. Hal tersebut disampaikan Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Ainun Naim dalam konferensi pers yang digelar di Gedung Kemendikbud, Rabu (25/2).

“Akan tetapi, ketentuannya ditetapkan oleh panitia SNMPTN dan masing-masing PTN,” ucapnya dalam konferensi pers Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional sebagai Pertimbangan SNMPTN, seperti dilansir Okezone.

Ainun mengungkapkan, hal tersebut disebabkan setiap perguruan tinggi negeri (PTN) memiliki karakternya sendiri dalam menentukan calon mahasiswanya. Ia pun berharap, hal ini bisa menjadikan proses pendidikan menjadi lebih baik.

Hal senada juga disampaikan, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sekaligus Ketua SNMPTN 2015, Rochmat Wahab bahwa seluruh rektor juga sudah setuju dengan kebijakan tersebut.”Untuk persentase urusan rektor, jadi rektor memiliki hak 100 persen dalam menentukan hal ini,” ujar Rochmat.

Ia juga mengungkapkan, tahun ini tidak ditemukan kecurangan-kecurangan yang dilakukan sekolah sejak dikeluarkannya ancaman blacklist bagi sekolah yang melakukan kecurangan. “Alhamdulillah, tahun ini semua sekolah clear,” tandasnya.

Hasil UN nantinya akan diserahkan kepada masing-masing PTN pada 2 Mei 2015. Hingga saat ini jumlah pendaftar SNMPTN 2015 sudah mencapai 68.837 siswa dari 5.479 sekolah.

Check Also

Beasiswa

Beasiswa Cargill Global Scholars untuk Mahasiswa S1

Edupost.id – Program Beasiswa Cargill Global Scholars kembali ditawarkan bagi mahasiswa S1 on-going di Indonesia. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *