Selasa , 18 Desember 2018
Home / Berita Pendidikan / Ujian Sekolah Berstandar Nasional di DIY Digelar Bersamaan
UN-SD-KOTA-1
Ujian Sekolah (US) SD atau ujian nasional siswa SD

Ujian Sekolah Berstandar Nasional di DIY Digelar Bersamaan

Edupost.id –Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun ini direncanakan akan digelar secara bersamaan pada setiap jenjang pendidikan. Pelaksanaan serentak itu dilakukan untuk menghindari terjadinya kebocoran soal, mengingat 25% soal USBN berasal dari Pusat sehingga memiliki kesamaan setiap sekolah.

“Telah disepakati pelaksanaan USBN akan dilaksanakan secara bersamaan, mengingat 25% soal USBN berasal dari Kemendikbud. Supaya ada kerahasiaan soal agar tidak bocor maka disepakati USBN di setiap jenjang pendidikan dilaksanakan bersamaan,” terang Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji.

Pelaksanaan ujian sekolah digelar secara bersamaan ini merupakan kali pertama digelar. Sebelumnya seperti Ujian Sekolah/Madrasah (USM) sepenuhnya diserahkan kepada sekolah.

Meski demikian belum ditentukan waktu pelaksanaan USBN baik di jenjang SD, SMP maupun SMA. Namun, Aji memastikan akan menggelar USBN serentak setelah terselenggaranya UNBK. Jadwal secara pasti akan dirumuskan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Pada USBN tahun ini, komposisi soal sebanyak 25% dari pusat dan 75% disusun oleh guru masing-masing sekolah. Adapun kisi-kisi disiapkan dari pusat.

Khusus untuk soal dari sekolah diinstruksikan agar ada komposisi esai sederhana dengan tipe jawaban yang tidak membutuhkan kertas terlalu banyak.

Disdikpora DIY juga membebaskan basis pelaksanaan USBN. Sekolah yang memiliki fasilitas komputer dapat menggelar ujian berbasis komputer. Namun jika fasilitas terbatas diperbolehkan menggelar secara manual atau kertas, sekolah dapat menggandakan soal sendiri.

Check Also

Soal USBN SMP Ini Tanya tentang Seks Bebas

Soal USBN SMP Palembang Tanya Seks Bebas, di Bogor juga Ada!

Edupost.id – Dunia pendidikan kembali dibuat gempar. Sebuah soal Ujian Sekolah Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (US …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=