Rabu , 19 September 2018
Home / Berita Pendidikan / UN Jadi Syarat Lulus, Forum Rektor : Itu Bukan Solusi !
Indonesia Siap Gelar Olimpiade Sains Internasional di Bali
ilustrasi. Pelaksanaan ujian nasional.

UN Jadi Syarat Lulus, Forum Rektor : Itu Bukan Solusi !

Edupost.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajdir Effendy menyampaikan, pemerintah akan mempertimbangkan Ujian Nasional (UN) kembali menjadi syarat kelulusan siswa. Forum Rektor Indonesia (FRI) menilai itu bukan solusi yang tepat. Mengapa demikian?

Dewan Pembina FRI, Prof Suyatno mengungkapkan, seharusnya pemerintah fokus pada peningkatan mutu dan perbaikan proses pembelajaran di sekolah. Mulai dari gurunya, kurikulum diperbarui, dan fasilitasnya dimaksimalkan. 

Menurut Suyatno, jika proses pembelajaran di Indonesia sudah baik maka capaian dalam ujian nasional atau lainnya pun akan baik pula. Begitupun sebaliknya.

Kalaupun UN dikembalikan menjadi syarat kelulusan, tidak akan memberi solusi bagi masalah pendidikan di Indonesia. Sebab, kemungkinan besar nanti siswa hanya akan terfokus pada pelajaran yang diujikan.

Ia menambahkan, hal ini terjadi saat UN jadi syarat kelulusan beberapa tahun lalu. Saat itu, menurutnya, pelajaran lain yang tidak diujikan cenderung diabaikan siswa.

Sebelumnya, Mendikbud Muhadjir Effendy akan mempertimbangkan Ujian Nasional (UN) menjadi syarat kelulusan siswa lagi. Pertimbangan tersebut digulirkan oleh Mendikbud sebagai respons atas menurunnya nilai UN dalam skala nasional pada tahun 2018.

“Bisa saja (UN jadi pertimbangan kelulusan), Itu kita evaluasi nanti,” kata Muhadjir di Jakarta, Jumat (4/5).

Muhadjir menerangkan, sebenarnya ada beberapa faktor mengapa nilai UN tahun ini cenderung menurun. Salah satunya, kata dia, kemungkinan besar bermula dari motivasi siswa yang cenderung tidak serius dalam mengerjakan soal UN.

Check Also

ujian nasional

Siap-siap, Nilai UN Kembali Jadi Syarat Kelulusan

Edupost.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mewacanakan adanya kemungkinan pemerintah akan kembali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=