Jumat , 26 Mei 2017
Home / Berita Pendidikan / UN SMA 2016, Ini Jadwal Lengkapnya
Ujian Nasional (UN)
Siswa mengikuti ujian nasional (UN)

UN SMA 2016, Ini Jadwal Lengkapnya

Edupost.Id, Sleman – Pada Senin mendatang (4/4), seluruh siswa kelas XII SMA/SMK/MA se-Indonesia akan mengikuti Ujian Nasional (UN) 2016 secara serentak. Seperti tahun sebelumnya, penyelenggaraan UN tahun ini masih terbagi dalam dua sistem, yakni Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) atau yang sering disebut Paper Base Test (PBT), dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Base Test (CBT).

UN untuk SMA/MA yang menyelenggarakan UN PBT, akan dilaksanakan pada 4 hingga 6 April 2016. Sementara, UN PBT di jenjang SMK akan dilaksanakan pada 4 hingga 7 April 2016.

Bagi sekolah yang melaksanakan UNBK, ujian akan berlangsung pada 4 hingga 7 April 2016 dan dilanjutkan pada 11 hingga 12 April 2016. Pada UNBK, setiap harinya setiap peserta ujian hanya mengerjakan satu mata ujian.

“Untuk UNBK memang lebih lama, karena sehari hanya satu mata pelajaran. Sedangkan yang masih PBT, sehari bisa dua mata pelajaran,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, Arif Haryono.

Berdasar informasi dari Kemdikbud, mata pelajaran yang diujikan pada UN SMA/MA adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Mata pelajaran sesuai jurusan. Untuk jurusan IPA, mata pelajaran yang diujikan meliputi Biologi, Fisika, dan Kimia. Jurusan IPS mengujikan Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi. Sedangkan untuk jurusan Bahasa dan Budaya, akan mengujikan Sastra Indonesia/Bahasa dan Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing (Bahasa Arab, Jepang, Jerman, Perancis, dan Mandarin).

Sementara, khusus untuk MA jurusan Keagamaan, mata pelajaran yang diujikan adalah Tafsir, Hadis, dan Fikih. Untuk SMK, selain mengujikan Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, juga masih ada tambahan Teori Kejuruan.

Mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama UN PBT adalah Bahasa Indonesia, Kimia (program IPA), Geografi (program IPS), Sastra (program Bahasa), dan Hadits (program Keagamaan). Pada hari kedua, mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika, Biologi (IPA), Sosiologi (IPS), Antropologi (Bahasa), dan Fikih (Keagamaan). Sedangkan mata pelajaran UN pada hari terakhir adalah Bahasa Inggris, Fisika (IPA), Ekonomi (IPS), Bahasa Asing (Bahasa), dan Tafsir (Keagamaan). Untuk SMK, hari pertama akan mengujikan Bahasa Indonesia, hari ke dua Matematika, hari ke tiga Bahasa Inggris, dan hari terakhir Teori Kejuruan.

Sedangkan, mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama UNBK SMA/MA adalah Bahasa Indonesia, hari ke dua akan diujikan Kimia (program IPA), Geografi (program IPS), Sastra (program Bahasa), dan Hadits (program Keagamaan). Pada hari ke tiga, mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika, hari ke empat Biologi (IPA), Sosiologi (IPS), Antropologi (Bahasa), dan Fikih (Keagamaan). Sedangkan mata pelajaran UN pada hari ke lima adalah Fisika (IPA), Ekonomi (IPS), Bahasa Asing (Bahasa), dan Tafsir (Keagamaan). Dan hari terakhir adalah Bahasa Inggris. Untuk SMK, jadwal UNBK sama dengan jadwal UN PBT.

“Jumlah tersebut meliputi 15.066 siswa jenjang SD, 14.521 siswa SMP, 4.946 siswa SMA dan 4.912 jenjang SMK, ” kata Arif Haryono. UNBK di Sleman akan dilaksanakan di lima SMP, lima SMA, dan 25 SMK. (Andi)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

2 comments

  1. Paradoks penyelenggaraan Ujian Nasional sudah muncul sejak adanya putusan inckracht Mahkamah Agung (MA) No. 2596 K/PDT/2008 yang meminta pemerintah membatalkan Ujian Nasional sampai sarana dan prasarana sekolah terpenuhi dan kompetensi guru ditingkatkan.
    Pengadilan Negeri Jakarta Pusat telah mengeluarkan aanmaning (teguran) kepada Mendikbud M. Nuh karena dianggap melalaikan putusan MA final (kasasi) terkait Ujian Nasional. Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memanggil Mendikbud M.Nuh untuk mendengarkan aanmaning pada hari Rabu tanggal 10 April 2012, namun Mendikbud M. Nuh tetap ngotot menyelenggarakan Ujian Nasional, meskipun dua prasyarat yang digariskan MA di atas belum terpenuhi.

    Diharapkan bahwa Mendikbud Anies Baswedan akan patuh dan taat pada hukum , tetapi Anies Baswedan malah melanjutkan proyek abadi UN ini, dan Mendikbud Muhajir Effendi ternyata juga sama saja

  2. mengapa mata pelajaran sejarah ndak disertakan duujian nasional kan serumpun mata pelajaran ekonomi, sosiologi dan gografi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *