Selasa , 17 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / UN SMA 2017, Siswa Bisa Pilih Sendiri Mapelnya
guru-mengajar
Proses belajar mengajar mengajar di MAN 1 Surakarta (foto: Rohman)

UN SMA 2017, Siswa Bisa Pilih Sendiri Mapelnya

Edupost.ID – Ada yang berbeda pada sistem Ujian Nasional (UN) 2017 jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2017, siswa peserta UN SMA mendapat kebebasan memilih satu mata pelajaran sesuai minat dan kemampuan yang dimiliki, dan sesuai jurusan masing – masing.  Nantinya, satu mapel pilihan itu akan melengkapi tiga mapel lain yang sudah pasti akan diujikan.

Data dari Kemendikbud menyebut, tiga mapel yang sudah pasti diujikan adalah Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Sementara !apel yang dapat dipilih Fisika, Kimia, dan Biologi untuk jurusan IPA, serta Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi untuk jurusan IPS, maupun Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing untuk jurusan Bahasa.

Sebelumnya, UN tingkat SMA mengujikan enam mapel, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan tiga mata pelajaran sesuai jurusan. Untuk jurusan IPA, ditambah mapel Fisika, Kimia, dan Biologi. Untuk jurusan IPS, ditambah mapel Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi. Sementara untuk jurusan Bahasa, ditambah mapel Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing.

Untuk USBN SMA, ketiga mapel yang ada dalam tiap jurusan (IPA /IPS/ Bahasa) tersebut tetap menjadi mapel yang diujikan. Ada enam mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMA. Selain tiga mapel berdasarkan jurusan, USBN juga akan menguji siswa untuk mapel Pendidikan Agama, PPKn, dan Sejarah.

Untuk mapel UN SMP pada tahun 2017 tidak ada perubahan. UN tingkat SMP akan menguji mapel Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Sedangkan mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMP adalah Pendidikan Agama, PPKn, dan IPS.

UN tingkat SMK pada tahun 2017 juga tetap menguji empat mapel, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan. Kemudian mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMK adalah Pendidikan Agama, PPKn, dan Keterampilan Komputer. (Andi)

Check Also

ujian nasional

Posko UN Kemendikbud Terima 17 Pengaduan

Edupost.id – Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA) tahun ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *