Selasa , 24 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / UN SMP, Bimbel Diminta Ajarkan Jalan Pintas Jawab Soal
un-smp-soal
Soal un smp

UN SMP, Bimbel Diminta Ajarkan Jalan Pintas Jawab Soal

Edupost.id, Yogyakarta – Memaksimalkan penguasaan materi siswanya menghadapi Ujian Nasional, sejumlah SMP masih menggunakan jasa lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel). Pihak sekolah mengaku membutuhkan jasa guru bimbel untuk membantu siswa memiliki jalan pintas dalam mengerjakan soal UN. Hal ini diungkapkan oleh beberapa sekolah di Yogyakarta.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum MTsN Babadan Baru Sleman, Busroni Majid mengakui pihaknya memang menggandeng lembaga Bimbel untuk membantu siswanya menyiapkan diri menghadapi UN 2016. “Tidak dipungkiri kita memang bekerjasama dengan lembag bimbingan,” ujarnya. Busroni mengaku membutuhkan jasa bimbingan belajar untuk mengatasi kejenuhan siswa. Bimbel, menurutnya memiliki muatan mitivasi dan teknik khusus agar cepat dan mudah dalam mengerjakan soal.

Selain MTsN Babadan Baru, SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman juga mengajak Bimbingan Belajar untuk turut mendampingi siswa menyiapkan diri menghadapi UN. “Kami adakan tambahan jam oelajaran, dan bekerjasama dengan Bimbel,” ujar Waka Kesiswaan, Luky Kurniawan.

Kerjasama dengan binbingan belajar juga dilakukan oleh SMPN 15 Yogyakarta, seperti dikatakan WKS bidang Kurikulum sekolah setempat, Nugroho Agus. Menurut Agus, dalam menggenjot persiapan UN siswa-siswanya, Agus juga tidak memungkiri bahwa pihaknya bekerjasama dengan lembaga bimbingan belajar. “Bimbingan belajar biasanya kan ada kunci pokok dalam mengerjakan soal, atrategi biar cepet menjawab soal,” ujarnya.

Namun, diungkapkan Agus, peran guru dari dalam sekolah memang lebih dominan. Siswa memang lebih banyak didampingi oleh guru dari dalam ketika memberikan pendalaman materi UN. Selain guru bimbel, siswa sekolah ini juga menghadirkan motivator untuk memompa semangat siswa. (Andi)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB Tuan Rumah Workshop Kedokteran Hewan Indonesia dan Jepang

Edupost.Id- Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi tuan rumah dalam acara workshop …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *