Senin , 28 Mei 2018
Home / Berita Pendidikan / UN SMP Kini Terapkan HOTS, Soal Berpikir Tingkat Tinggi
un-smp-soal
Soal un smp

UN SMP Kini Terapkan HOTS, Soal Berpikir Tingkat Tinggi

Edupost.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi memastikan, Ujian Nasional SMP pada 23-26 April 2018 telah menerapkan metode Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau kemampuan penalaran tingkat tinggi dalam penyajian soalnya.

Namun, ia berharap metode HOTS yang akan diterapkan untuk seluruh soal ujian nasional (UN) SMP tidak menimbulkan keributan. Karena menurutnya soal HOTS SMP tingkat kesulitannya tidak sama dengan yang diterapkan untuk soal-soal HOTS SMA.

“Tentu saja kalau (soal HOTS) SMP ya tidak sesulit SMA,” kata Muhadjir seusai membuka Pekan Pendidikan Jogja di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Sabtu (21/4) sore.

Mulai tahun ini, Kemdikbud memberlakukan soal yang membutuhkan daya nalar tingkat tinggi untuk meningkatkan kualitas UN. Soal seperti itu akan menjadi standar pelaksanaan UN hingga 2025, sehingga mampu mendeteksi kemampuan siswa.

Soal metode HOTS juga sudah diberlakuan pada UN SMA tahun ini. Sayangnya, soal dengan daya nalar tinggi tersebut menuai protes dari peserta UN tingkat SMA karena dianggap terlu sulit. Beberapa kalangan juga turut mengkritik kebijakan itu. (Andi)

Check Also

UNBK 2016

Soal UNBK Terlalu Sulit, Pembuatnya Tak Paham HOTS !

Edupost.id – Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Satriwan Salim mengatakan, soal ujian nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=