Selasa , 18 Desember 2018
Home / Berita Pendidikan / UNBK Tahun Ini, Server Jangan sampai Eror Lagi
UNBK 2016
Siswa sedang mengikuti UNBK 2016 tingkat SMA (foto: Nisa Edupost)

UNBK Tahun Ini, Server Jangan sampai Eror Lagi

Edupost.id – Server Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dinilai masih perlu penyempurnaan. Ini penting dilakukan untuk mencegah server eror saat berlangsungnya UNBK, mengingat saat Tes Pendalaman Materi Berbasis Komputer (TPMBK) SMP Kota Yogyakarta masih mengalami server yang eror.

“TPMBK hari ke tiga sesi ke dua (7/2) lalu servernya down. Hal ini membuat proses upload jawaban siswa ke server pusat gagal dilakukan,” uja Proktor UNBK SMP N 8 Yogyakarta, Yohana Krisna Rosida, ketika ditemui Edupost.id.

Dikatakan Yohana, gangguan pada server itu tidak hanya terjadi di sekolahnya, tetapi juga di sekolah lain. Gangguan server itu memang tidak mengganggu aktivitas siswa dalam mengerjakan soal, hanya mengganggu saat upload jawaban siswa.

Namun demikian, Yohana tetap berharap itu akan menjadi evaluasi sebelum UNBK yang sesungguhnya berlangsung. “Jangan sampai saat UNBK yang sesungguhnya server ada gangguan lagi,” harapnya.

TPMBK merupakan salah satu bentuk persiapan menghadapi UNBK SMP/MTs pada April mendatang. Kegiatan ini berlangsung pada Senin-Kamis, 5-8 Februari 2018.

Di SMP N 8 Yogyakarta, sebanyak 327 siswa tercatat akan mengikuti UNBK 2018. Jumlah itu terdiri dari 320 siswa SMP N 8 Yogyakarta dan 7 siswa SMP Bhinneka Tunggal Ika yang bergabung karena tidak memiliki fasilitas komputer sendiri.

Sebanyak 177 unit komputer disiapkan untuk melayani kebutuhan 327 siswa tersebut. Menurut Yohana, sekolahnya sudah siap melaksanakan UNBK karena sudah tiga tahun terakhir sekolahnya menggelar UNBK.

“Untuk TPMBK kami tidak menyefiakan genset, tapi untuk UNBK kami akan sediakan genset untuk antisipasi listrik mati,” pungkasnya. (Andi)

Check Also

Indonesia Siap Gelar Olimpiade Sains Internasional di Bali

Gara-gara Takut Lihat Komputer, Tiga Siswa SMP Ini Tidak Jadi UNBK

Edupost.id – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP yang berlangsung sejak Senin lalu (24/4) tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=