Jumat , 26 Mei 2017
Home / Berita Pendidikan / Universitas Islam Internasional Indonesia Segera Didirikan
Universitas-Islam-Internasional-Indonesia-Segera-Didirikan
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin dan Presiden Joko Widodo saat Menandatangani Perpres Pendirian UIII. (Foto: kemenag))

Universitas Islam Internasional Indonesia Segera Didirikan

Edupsot.id – Setelah melalui serangkaian pembahasan, rencana Pemerintah untuk mendirikan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) segera didirikan. Hal ini ditandai dengan diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia beberapa waktu lalu.

“Peraturan Presiden ini mulai berlaku sejak diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada tanggal 29 Juni 2016 lalu. “UIII merupakan perguruan tinggi yang berstandar internasional dan menjadi model pendidikan tinggi Islam terkemuka dalam pengkajian keIslaman strategis yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Agama,” demikian bunyi Pasal 1 ayat (2) Perpres tersebut,” tulis Humas Kemeneterian Agama dalam siaran pers.

UIII, lanjutnya, dikelola sebagai perguruan tinggi negeri badan hukum, dan pembinaannya dilakukan secara teknis akademis oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pendidikan Tinggi. Sementara dalam mewujudkan perguruan tinggi yang berstandar internasional sebagaimana dimaksud dan dalam diplomasi luar negeri, difasilitasi kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hubungan luar negeri.

Perpres ini juga menegaskan, UIII mempunyai tugas utama menyelenggarakan program magister dan doktor bidang studi ilmu agama Islam. Selain menyelenggarakan program pendidikan tinggi ilmu agama Islam sebagaimana dimaksud. UIII nantinya juga dapat menyelenggarakan program magister dan doktor bidang studi ilmu-ilmu sosial dan humaniora serta sains dan teknologi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Terkait pendanaan, Perpres ini mengatur bahwa biaya penyelenggaraan UIII bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Non Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum,” jelasnya.

Ketentuan lebih lanjut mengenai penyelenggaraan dan pengelolaan UIII, diatur dengan peraturan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Agama dan peraturan menteri lain/pimpinan lembaga pemerintah non kementerian yang terkait sesuai dengan kewenangannya. (Kemenag/Nisa)

Check Also

Siswa Madrasah

Kemenag Siapkan 36 Miliar untuk Beasiswa Santri Berprestasi

Edupost.id – Tahun ini Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan anggaran dana sebesar 36 Miliar Rupiah untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *