Jumat , 24 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / UNP Sepi, Hanya 41% Peserta yang Ikut Ujian
Ujian tertulis
Ilustrasi. Ujian tertulis

UNP Sepi, Hanya 41% Peserta yang Ikut Ujian

Edupost.id – Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menggelar Ujian Nasional Perbaikan (UNP). Ujian yang diperuntukkan bagi peserta UN 2015 yang ingin memperbaiki nilai ini berlangsung selama tujuh hari yakni 29-31 Agustus, serta 1, 5-7 September 2016.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kapuspendik Kemdikbud), Nizam menyebut, UNP diikuti ini oleh 88.958 dari 214.692 pendaftar atau 41% yang mendaftar ulang. Peserta yang mendaftar ulang terdiri atas 57.555 orang SMA/MA, 31.373 orang SMK, dan 30 orang Program Paket C.

Ujian dilaksanakan dalam bentuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan butir soal ujian yang mengacu pada kisi-kisi UN 2015/2016. “UNP dilaksanakan dalam bentuk UNBK, selama tujuh hari dengan satu mata pelajaran yang dibagi menjadi tiga sesi,” ucap Nizam.

Nizam menambahkan, ada sembilan daerah yang menyelenggarakan dalam empat sesi meliputi, Kabupaten Pidie, Bireuen, dan Gayo Lues. Ketiganya ada di Provinsi Aceh. Sedangkan Kabupaten Batang Hari, Kota Padang, Kota Tual Maluku, Kabupaten Seram Barat, Kota Palu, dan Kabupaten Parigi Moutong terletak di Sulawesi Tengah (Sulsel).

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, UNP juga diikuti peserta yang jauh lebih sedikit dibanding jumlah peserta yang mendaftar. Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat, UNP di provinsi ini diikuti oleh 706 peserta. Sementara, jumlah peserta yang terdaftar sebesar 2.761.

Di DIY, UNP dilaksanakan di lima sekolah di lima kabupateb/katanya. Kelima sekolah yang dimaksud adalah SMKN 5 Kota Yogyakarta sebanyak 348 peserta, SMKN 2 Sewon, Bantul sebanyak 50 peserta, SMA N 1 Bantul sebanyak 50 peserta, SMK N 1 Pengasih Kabupaten Kulon Progo sebanyak 71 peserta, SMK N 2 Depok Kabupaten Sleman sebanyak 167 peserta, dan SMA 1 Wonosari Kabupaten Gunung Kidul sebanyak 20 peserta. (Andi)

Check Also

Ujian Nasional (UN)

Mapel Pilihan UN, Tidak Harus Sesuai Jurusan  

Edupost.id- Ujian Nasional (UN) tahun 2017 memperbolehkan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk memilih mata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *