Senin , 11 Desember 2017
Home / Berita Pendidikan / UNPK 2016 di Bogor, Peserta Tidak Hadir Capai 20%
Peserta UNPK Bogor
Pesertam Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) 2016 di Kota Bogor

UNPK 2016 di Bogor, Peserta Tidak Hadir Capai 20%

Edupost.id, Bogor – Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) 2016 telah berlangsung sejak Senin-Jumat (4-8/4). Sebanyak 285 orang dari total 1.363 peserta UNPK di Kota Bogor tercatat tidak hadir pada hari pertama ujian, (4/4). Jumlahnya hampir mencapai 20,89 persen.

Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan In Formal (PNFI) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Ritta Tresnayanti menyatakan, kekecewaannya atas minimnya tingkat kehadiran peserta. “Banyak yang sakit, ada yang sakit paru. Kemarin (Senin) belum ketahuan kabarnya. Karena kami juga belum tahu. Kemudian, kami menghubungi ke Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) nya untuk mencari tahu alasan kenapa tidak masuk,” ujarnya kepada Edupost.id.

Ritta mengungkapkan, laporan dari tiap PKBM menyebutkan bahwa peserta tidak hadir karena sakit dan bekerja. Sebagian besar peserta UNPK 2016 sudah usia dewasa, sehingga tidak sedikit dari mereka yang tidak dapat meninggalkan pekerjaannya karena tidak mendapatkan izin.

“Ada juga yang memberikan izin untuk mengikuti ujian, ya tapi mungkin gajinya harus dipotong. Misalnya, sehari dipotong seratus ribu, bagi mereka nominal segitu cukup banyak dan dikalikan selama enam hari. Mungkin kalau bagi kita, nominal segitu tidak terlalu besar, tapi bagi mereka yang penghasilannya tidak terlalu besar, ya lumayan,” jelasnya.

Menurutnya, peserta ujian Paket C atau setara dengan SMA tidak dapat disamakan dengan formal. “Mereka mau ikut ujian saja ya kita menghargainya,” tegasnya. Alasan selain pekerjaan yaitu mungkin ada peserta yang sudah pindah rumah, sehingga sulit jika harus ujian di Bogor. “Semoga hari ini datang, sehingga nanti bisa ikut ujian susulan,” tuturnya.

Sebagian besar peserta yang tidak hadir berasal dari program IPS, dengan lokasi ujian di SMPN 5, SMPN 8, SMPN 12 dan SMA PGRI 4. (Nisa)

Check Also

Pakar Hukum Unpad Dianugerahi Habibie Award

Pakar Hukum Unpad Dianugerahi “Habibie Award”

Edupost.id – Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Padjadjaran (UNpad), Prof. Bagir Manan dianugerahi “Habibie Award …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *