Senin , 11 Desember 2017
Home / Berita Pendidikan / UNPK di Bogor Digelar di Lokasi yang Sama dengan UNBK
UNBK
Siswa mengikuti simulasi Ujian nasional berbasis komputer (UNBK)

UNPK di Bogor Digelar di Lokasi yang Sama dengan UNBK

Edupost.id, Bogor – Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor telah menentukan beberapa lokasi pelaksanaan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) 2016. Lokasinya berada di tempat yang sama dengan peserta Ujian Berbasis Komputer (UNBK).

Usai menggelar rapat membahas persiapan UNPK, Kepala PNFI, Ritta Tresnayanti, menyampaikan empat lokasi UNPK. “SMA PGRI 4, SMPN 5, SMPN 8, SMPN 12,” ujarnya kepada Edupost.id.

Ritta mengungkapkan, sebanyak 1.363 siswa di Bogor dan dari 35 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) hanya empat PKBM yang tidak mengirimkan pesertanya mengikuti UNPK. UNPK digelar bersamaan dengan UNBK, tapi hanya jam pelaksanaannya saja yang berbeda. Jika UNBK dimulai pagi, maka UNPK dilaksanakan pada siang harinya setelah UNBK selesai. Terkait fasilitas komputer yang dipakai peserta UNBK, ia menegaskan UNPK tidak ada persyararatan harus memakainya.

“Kita kan hanya pinjam tempat saja. Buat apa pinjam, ga akan dipakai. Untuk pengawas ujian sendiri, Alhamdulillah udah cukup,” tambahnya. Ia menjelaskan bahwa pengawas nantinya ditempatkan di ruangan yang bukan berisi siswa dari sekolahnya.

Terkait antisipasi pemadaman listrik, Ritta menuturkan bahwa sudah berkoordinasi dengan pihak PLN. “Untuk formal, Disdik sudah meminta PLN untuk tidak mematikan listrik selama ujian, dan sudah disanggupi,” tegasnya.

Sementara untuk kisi-kisi ujian, siswa dapat mengunduh langsung dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI.

Menyikapi terjadinya kebocoran soal UN, Ritta yakin dengan pengawasan di Kota Bogor. “Soal kita simpan di tempat yang sesuai ketentuan, pintu disegel, dijaga oleh tim dari kepolisian. Di Bogor udah sangat ketat, soalpun diambil sekolah pada hari H,” katanya.

UNPK diadakan pada 4-7 Maret mendatang bagi seluruh peserta Paket C atau setara dengan SMA. (Nisa)

Check Also

Pakar Hukum Unpad Dianugerahi Habibie Award

Pakar Hukum Unpad Dianugerahi “Habibie Award”

Edupost.id – Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Padjadjaran (UNpad), Prof. Bagir Manan dianugerahi “Habibie Award …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *