Kamis , 30 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / Walikota Yogyakarta Minta Siswa Belajar Bikin Roket
Walikota Yogyakarta Minta Siswa Belajar Bikin Roket
Walikota Yogyakarta Minta Siswa Belajar Bikin Roket

Walikota Yogyakarta Minta Siswa Belajar Bikin Roket

Edupost.id – Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti meminta, para pelajar dapat mempelajari pembuatan roket dengan sebaik-baiknya. Karena menurutnya, roket merupakan salah satu bentuk teknologi kedirgantaraan. Proses belajar pembuatan roket ini dapat  dimulai dari pembuatan roket air.

“Sebelum kita coba bikin roket beneran ya bikin roket air dulu. Roket yang diincar akurasinya bukan tingkat kejauhannya,” ujar Haryadi.

Haryadi mengatakan hal ini ketika membuka secara resmi acara Kontes Roket Air Taman Pintar Yogyakarta ke 8 di Stasion Kridosono Yogyakarta beberapa waktu lalu. Lomba yang diadakan tiap tahunnya ini diikuti oleh tim dari SMP dan SMP dari DIY dan Jawa Tengah.

Haryadi menambahkan, kontes tahun ini mengusung tema Peran Pelajar dalam Mendukung Teknologi Kedirgantaraan Indonesia. Ini menandakan, peserta yang hadir merupakan wujud kepekaan mendukung teknologi kedirgantaraan.

Pada kesempatan ini, haryadi berharap para peserta dapat banyak belajar mengenai pembuatan roket. Akurasi menjadi syarat utama roket yang baik. “Arahnya ke depan,  bukan ke kanan atau ke kiri, apalagi balik ke belakang,” katanya.

Selain itu, Walikota berharap semua peserta dapat salingntukar informasi dan ilmu. Tim yang mampu membuat roket dengan baik diminta tidak pelit untuk berbagi ilmu kepada tim yang belum baik. Ini penting menurut walikota agar kemampuan pelajar Indonesia dalam membuat roket semakin terasah dengan baik.

Kepala Pengelolaan Tamam Pintar, Yuniarto Dwi Sutono mengatakan, peserta Kontes Roket Air tahun ini berjumlah 276 tim yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan DIY. Menurutnya, jumlah ini jauh lebih banyak dibanding peserta tahun lalu yang hanya berjumlah 187 tim.

“Animonya sangat luar biasa besar. Pesertanya mencapai 276 tim, membludak dibanding tahun tahun 2015 sebanyak 187 tim,” kata Yuniarto.

Ditambahkannya, kontes yang digelar oleh Taman Pintar merupakan rangkaian kontes secara nasional. Pemenang 10 besar dari Yogyakarta akan dikirimkan ke kontes tingkat nasional yang akan digelar pada bulan Oktober di PP IPTEK Serpong Jawa Barat. Pemenang tingkat nasional berkesempatan mewakili Indonesia pada kontes sejenis di Filipina pada bulan Desember mendatang. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *