Senin , 22 Oktober 2018
Home / Berita Pendidikan / Yogyakarta dan Malang Jadi Finlandia-nya Indonesia
sekolah-finlandia
Ilustrasi. Sekolah di Finlandia

Yogyakarta dan Malang Jadi Finlandia-nya Indonesia

Edupost.id – Kementerian Agama menargetkan akan menjadikan Yogyakarta dan Malang sebagai Finlandia-nya Indonesia. Pada proyek ini, Yogyakarta dan Malang akan dijadikan pusat pendidikan madrasah terbaik di Indonesia.

Hal tersebut secara gamblang diungkapkan oleh Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama, A. Umar dalam Talkshow dalam rangka Milad kw 68 MAN 1 Yogyakarta, di gedung PKKH UGM, Sabtu (31/3).

Menurutnya, target ‘Finlandia-nya Indonesia’ ini bukanlah sesuatu yang main-main. Seperti diketahui, Finlandia saat ini memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Dan madrasah di dua daerah ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

“Kalau di dua daerah kita ini pendidikannya baik, orang Indonesia tidak perlu repot mencari pendidikan ke Finlandia,” tandasnya.

Umar menandaskan, madrasah kini terbukti mampu membuktikan kualitasnya karena prestasi yang terus diukir. Selain itu, slogan ‘Madrasah Hebat Bermartabat’ menandaskan siswa/siswi madrasah memiliki nilai lebih dibanding siswa sekolah umum.

Menurut Umar, potensi madrasah di dua daerah ini sangat bagus. Madrasah tak lagi dipandang sebelah mata, karena siswa madrasah terbukti mampu bersaing dengan siswa dari sekolah umum. Bahkan, alumni madrasah juga banyak yang menjadi tokoh nasional.

Prof. Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar adalah dua alumni MAN 1 Yogyakarta yang saat itu masih bernama PHIN. Keduanya saat ini menjadi tokoh nasional yang berpengaruh di Indonesia.

“Saya berharap MAN 1 Yogyakarta mampu mewujudkan harapan Yogyakarta menjadi Finlandia-nya Indonesia dengan tetap berprestasi, ” katanya. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=